Jelang Asian Games 2023

Jelang Asian Games 2023, Cedera Edgar Xavier Sudah Pulih 90 Persen

Atlet wushu Indonesia Edgar Xavier Marvelo sudah berada dalam kondisi 90 persen terkait cederanya jelang tampil di Asian Games 2023 mendatang.

Featured-Image
Atlet Wushu Indonesia Edgar Xavier Marvelo. (foto: dok. antara)

bakabar.com, JAKARTA - Atlet wushu Indonesia Edgar Xavier Marvelo sudah berada dalam kondisi 90 persen terkait cederanya jelang tampil di Asian Games 2023 mendatang.

Usai meraih 2 perak di The FISU World University Games 2023 Chengdu, Edgar diketahui mengalami cedera pinggang.

Pekan lalu, Edgar terpaksa meninggalkan Training Camp (TC) di China untuk menjalani pengobatan di RS Mitra Kemayoran Jakarta.

Ketika ditanyakan soal kondisi kesehatannya, Edgar mengaku sudah baik usai menjalani perawatan cedera pinggang.

Baca Juga: Bersiap Jelang Asian Games 2023, Timnas Wushu Indonesia Jalani TC di China

"Tahap pemulihannya pun sudah mencapai 90 persen. Kini, saya tinggal menunggu izin dari dokter saja untuk kembali bergabung dengan teman-teman menjalani TC di China. Mohon doa dari masyarakat Indonesia," ucap Edgar.

Motivasi Edgar untuk pulih bertambah setelah mendapatkan perhatian dari Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (Ketum PB WI), Airlangga Hartarto.

Menko Perekonomian Republik Indonesia ini masih menyempatkan menjenguk Edgar di kediamannya Spring Hill Kemayoran Jakarta Pusat, Sabtu, (26/8).

Pasalnya, atlet berusia 24 tahun ini merupakan andalan Timnas Wushu Indonesia untuk mendulang medali emas di Asian Games 2023 yang berlangsung di Hangzhou, China, 23 September hingga 8 Oktober mendatang.

Baca Juga: Wushu Indonesia Jadi Juara Umum SEA Games, Airlangga Siapkan untuk ASIAN Games

"Tahap pemulihannya dari cedera pinggang sudah mencapai 90 persen. Mudah-mudahan dalam waktu dekat Edgar sudah bisa kembali bergabung dengan rekan-rekannya untuk menjalani program latihan TC di China," ucap Airlangga.

Gunawan Tjokro yang juga Ketua Pengprov WI DKI Jakarta menambahkan, cedera yang dialami Edgar yang juga atlet andalan DKI Jakarta kemungkinan disebabkan padatnya kalender event yang diikuti sepanjang tahun 2023.

"Tahun ini cukup padat kalender eventnya. Setelah SEA Games 2023 Kamboja, mereka tampil di FISU World University Games 2023 Chengdu. Jadi, mereka tidak bisa lama istirahat dan langsung menjalani pelatnas secara berkesinambungan," ungkapnya.

Baca Juga: Minim Raih Medali, Timnas Basket Tetap Berangkat ke Asian Games 2023

Prestasi wushu Indonesia di bawah kepemimpinan Airlangga Hartarto mengalami kemajuan.

Pada The FISU World University Games 2023 Chengdu, Timnas Wushu Indonesia sukses menyumbangkan 4 medali emas dan 3 perak bagi Kontingen Indonesia.

Ini bukan hanya sejarah medali emas terbanyak selama keikutsertaan Indonesia di ajang multi event antar mahasiswa se-dunia, tetapi cabang olahraga (cabor) wushu menjadi satu-satunya cabor yang menyumbangkan medali bagi Kontingen Merah Putih.

Bukan hanya itu, Timnas Wushu Junior Indonesia juga membuat kejutan dengan merebut 6 medali emas, 14 perak (11 Taolu dan 3 Sanda), dan 10 perunggu (6 Taolu dan 4 Sanda) pada Kejuaraan Asia Wushu Junior XI/2023 bertajuk 11th Asia Junior Wushu Championship 2023 yang berlangsung di Makau, 14-20 Agustus 2023 lalu.

Baca Juga: Termasuk Sepak Bola, Indonesia Kirim 32 Cabor di Asian Games 2023

Sebanyak 6 medali emas yang menjadi kado HUT ke-78 Kemerdekaan RI ini merupakan medali terbanyak yang pernah diraih Timnas Wushu Junior Indonesia selama tampil di Kejuaraan Asia Wushu Junior.

Pada tiga pelaksanaan Kejuaraan Asia Wushu Junior, Pasukan Merah Putih hanya mampu meraih terbanyak 4 medali emas.

Itu dicapai pada 8th Asia Junior Wushu Championships 2015. Kemudian, 9th Asia Junior Wushu Championships 2017 Korea Selatan hanya meraih 1 emas dan 10th Asia Junior Wushu Championships 2019 Brunei Darussalam 2019 dengan 2 medali emas.

Editor


Komentar
Banner
Banner