proyek strategis nasional

190 PSN Rampung Sepanjang 2023

Sepanjang tahun 2023 pemerintah telah menuntaskan pembangunan 190 proyek strategis nasional.

Featured-Image
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto didampingi Kepala Bapanas Arief Prasetyo memberikan keterangan pers, di Komplek Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (06/11/2023). (Foto: Setkab)

bakabar.com, JAKARTA - Sepanjang tahun 2023 pemerintah telah menuntaskan pembangunan 190 proyek strategis nasional (PSN).

"Total investasi sebesar Rp1.515,4 triliun," kata Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto seperti dilansir Antara, Rabu (10/1).

Dari total keseluruhan PSN yang rampung tersebut, hingga akhir 2023 terdapat 30 proyek dan 9 program PSN yang dalam stataus beroperasi sebagian.

Baca Juga: Airlangga Nilai Potensi Kerugian Negara Bisa Rp10 T Akibat Banjir Rob

Adapun 50 proyek lainnya dalam tahap konstruksi, 4 proyek dalam tahap transaksi serta 37 proyek, serta 4 program dalam tahap penyiapan.

Menko Airlangga menyampaikan bahwa pemerintah akan menambah satu PSN berupa mega proyek Tanggul Pantai dan Tanggul Laut (Giant Sea Wall).

PSN tersebut direncanakan sebagai proyek jangka panjang guna mengatasi ancaman banjir rob dan penurunan muka tanah.

Baca Juga: Menko Perekonomian Airlangga Minta Dana KUR Sampai ke UMKM

Airlangga menilai kebijakan infrastruktur tersebut tidak hanya berperan sebagai bangunan pelindung, namun sekaligus juga sarana konservasi lingkungan kelautan dan perbaikan kehidupan masyarakat.

Beberapa di antaranya seperti penyediaan sanitasi dan air bersih lepas pantai, peningkatan konektivitas antarwilayah, serta penataan ruang dan pengembangan kawasan baru yang inklusif dan adaptif.

Editor


Komentar
Banner
Banner