Piala Dunia 2022

Jebol Gawang Polandia, Giroud Top Skor Sepanjang Masa Prancis

Setelah berhasil mencatatkan namanya di papan skor saat laga Prancis melawan Polandia, Giroud kini menorehkan sejarah sebagai top skor sepanjang masa Les Bleus

Featured-Image
Olivier Giroud ukir sejarah top skor sepanjang masa timnas Prancis (Foto: Twitter @fifaworldcup)

bakabar.com, JAKARTA – Striker anyar Les Bleus, Olivier Giroud berhasil mencatatkan dirinya sebagai top skor sepanjang masa tim nasional Prancis.

Torehan rekor tersebut didapatkannya seusai mencetak gol ke gawang Polandia di babak 16 besar Piala Dunia, Minggu (4/12) malam WIB.

Striker AC Milan itu mencetak gol pembuka bagi tim ayam jantan di laga kontra Polandia untuk kemenangan timnas Prancis.

Gol Giroud ke gawang Polandia sekaligus membuat striker timnas Prancis itu menjadi pencetak gol terbanyak sepanja masa Les Bleus dengan torehan 52 gol.

Baca Juga: Prancis Melaju ke Perempat Final Usai Taklukan Polandia 3-1

Kini, striker berusia 36 tahun itu telah melampaui torehan gol milik legenda timnas Prancis, Thierry Henry yang hanya menciptakan 51 gol untuk Prancis.

Torehan rekor tersebut berhasil dipecahkan oleh Giroud dalam penampilan ke-117 bersama tim ayam jantan.

Sedangkan, Thierry Henry membuat torehan 51 gol selama 123 penampilannya bersama Les Bleus dari tahun 1997 sampai dengan 2010.

Dalam duel melawan Polandia di babak 16 besar, timnas Prancis kesulitan membobol gawang Wojciech Szczesny di awal babak pertama.

Baca Juga: Cedera Parah, Gabriel Jesus dan Alex Telles Tak Lanjut Piala Dunia

Sebelum akhirnya, Olivier Giroud berhasil membuka keunggulan untuk Prancis lebih dulu di menit ke-44 memanfaatkan umpan Mbappe.

Menerima umpan terobosan Mbappe di dalam kotak penalti, Striker AC Milan itu tak berpikir panjang dan langsung menempatkan bola ke sisi kanan gawang Szczesny sehingga tak mampu dijangkau oleh kiper Polandia itu.

Mencetak satu gol saja di laga itu, cukup bagi Giroud untuk mencatatkan sejarah sebagai pemain yang menjadi pencetak gol terbanyak sepanjag masa tim nasional Prancis.

Torehan gol milik striker AC Milan itu masih dapat bertambah karena tim ayam jantan berhasil meraih satu tiket ke babak perempat final Piala Dunia 2022.

Baca Juga: Liga 1 Dilanjutkan, Persija Siap Hadapi Enam Laga di Sisa Paruh Musim 2022/2023

Dengan gol tersebut, kini dirinya telah mengemas 52 gol, sedangkan Thierry Henry hanya mengemas 51 gol.

Untuk posisi ketiga top skor tim nasional Prancis ditempati oleh Antonie Griezmann dengan 42 gol, Michel Platini 41 gol, dan disusul oleh Karim Benzema di urutan kelima dengan 37 gol.

Sementara Kylian Mbappe yang juga berhasil mencetak gol di laga kontra Polandia itu hanya baru mengemas 31 gol untuk Les Bleus.

Akan tetapi, Mbappe jadi pemain yang paling potensial yang dapat mengalahkan rekor milik Giroud. Telebih, di usianya yang masih 23 tahun, kans Mbappe untuk melawati rekor Giroud sangat terbuka lebar.

Editor


Komentar
Banner
Banner