Fenomena Cuaca

Jateng Dilanda Cuaca Ekstrem, Waspada Bencana!

Jawa Tengah (Jateng) bakal dilanda hujan deras hingga awal pekan nanti. Disertai petir dan angin kencang.

Featured-Image
Ilustrasi hujan lebat. Foto: Antara

bakabar.com, SEMARANG - Jawa Tengah (Jateng) bakal dilanda hujan deras hingga awal pekan nanti. Disertai petir dan angin kencang.

Cuaca buruk itu diperkirakan terjadi pada periode 6-8 Januari. Penyebabnya karena terdapat daerah belokan angin di sekitar wilayah Jateng.

"Lalu, hangatnya suhu muka laut di wilayah perairan Jateng serta aktifnya gelombang atmosfer rossby ekuator dan labilitas lokal kuat yang mendukung proses konvektif pada skala lokal diamati di Jateng," ujar Kepala Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang, Yoga Sambodo, Sabtu (6/1).

Dengan begitu, Sambodo berserta BMKG mewanti-wanti masyarakat agar tetap waspada. Terutama pada tiga hari ke depan. Karena, berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi.

"Berupa banjir, tanah longsor, dan angin kencang terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi," ucapnya.

Prakiraan Wilayah yang Terdampak

Berikut prakiraan wilayah Jateng yang mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Disertai petir dan angin kencang:

6 Januari 2024
Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Temanggung, Magelang, Klaten, Boyolali, Surakarta, Sukoharjo, Wonogiri, Karanganyar, Sragen, Grobogan, Blora, Pati, Kudus, Jepara, Demak, Kab. Semarang, Kota Salatiga, Batang, Kab. Pekalongan, Kab.Tegal, Brebes dan sekitarnya.

7 Januari 2024
Banjarnegara, Banyumas, Batang, Blora, Boyolali, Demak, Grobogan, Jepara, Karanganyar, Kebumen, Kendal, Klaten, Kudus, Magelang, Pati, Kab. Pekalongan, Purbalingga, Purworejo, Rembang, Salatiga, Kab. Semarang, Sragen, Sukoharjo, Temanggung, Wonogiri, Wonosobo, dan sekitarnya.

8 Januari 2024
Banjarnegara, Banyumas, Batang, Blora, Boyolali, Cilacap, Grobogan, Karanganyar, Kendal, Klaten, Magelang, Pati, Kab. Pekalongan, Pemalang, Purbalingga, Salatiga, Kab. Semarang, Sragen, Temanggung, Wonogiri, Wonosobo,  dan sekitarnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner