Gaya Hidup

Jangan Salah! Ini Cara Menyimpan Daging Kurban yang Benar

Hari Raya Iduladha 1444 H tak akan lama lagi, banyak hal yang perlu disiapkan, tidak terkecuali hal-hal mengenai daging kurban.

Featured-Image
Ilustrasi. Foto-net

bakabar.com, BANJARMASIN - Hari Raya Iduladha 1444 H tak akan lama lagi, banyak hal yang perlu disiapkan, tidak terkecuali hal-hal mengenai daging kurban.

Tentu saja, ada sebagian orang yang akan langsung memasak dan mengolahnya menjadi masakan yang lezat. Ada pula yang akan menyimpannya ke dalam kulkas untuk dimasak di kemudian harinya.

Namun, tidak semua orang memahami bagaimana cara menyimpan daging kurban dengan cara yang benar.

Menyimpan daging kurban memang tidak terlalu mudah dan tidak pula terlalu sulit. Bahkan jika caranya benar, daging kurban bisa disimpan dalam waktu yang lama.

Baca Juga: Ingin Berkurban di Iduladha 1444 H? Simak Tips Memilih Hewan Kurban

Maka dari itu, berikut langkah-langkah yang bisa anda ikuti dengan mudah agar daging kurban tersimpan dengan cara yang benar dan tetap awet.

1. Bersihkan Kulkas

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum menyimpan daging dalam lemari pendingin yaitu bersihkan terlebih dahulu kulkas tersebut.

Langkah ini diperlukan untuk mencegah adanya kontaminasi pada daging. Pastikan di dalam kulkas tidak ada tumpahan makanan atau kotoran lain yang menyebabkan aroma tidak sedap.

2. Kemas Daging

Tips dalam menyimpan daging kurban di dalam kulkas berikutnya yaitu jangan lupa untuk membungkus daging tersebut.

Anda bisa menggunakan kemasan plastik, aluminium foil, atau tempat makanan yang kedap udara.

Kemasan ini berguna untuk menjaga kelembapan, kesegaran, rasa, dan kandungan gizi dalam daging hingga waktu yang lama. Tak hanya itu, kemasan juga berguna untuk menghindari risiko freezer burn atau pembuakn kristal es yang dapat merusak kualitas daging.

Maka dari itu, sangat penting untuk menggunakan kemasan kedap udara saat menyimpan daging dalam kulkas.

3. Jangan Mencuci Daging

Saat hendak menyimpan daging dalam kulkas, sebaiknya tidak mencuci daging tersebut.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam European Food Safety Authority (EFSA) Journal menyebutkan bahwa, air bisa menyebabkan pertumbuhan bakteri dan jamur yang dapat menyebabkan makanan busuk.

Oleh sebab itu, jangan mencuci daging kurban jika Anda ingin menyimpannya di kulkas dalam jangka waktu tertentu.

HALAMAN
12
Editor


Komentar
Banner
Banner