Tak Berkategori

Jangan Khawatir, Ini Tips Sederhana Mendeteksi Kamera Tersembunyi di Kamar Hotel

apahabar.com, JAKARTA – Khawatir dipantau kamera tersembunyi di kamar hotel? Berikut tips untuk mengetahui keberadaan kamera…

Featured-Image
Hanya membutuhkan cahaya, kamera tersembunyi dapat dideteksi dengan cepat. Foto: Liputan6

bakabar.com, JAKARTA – Khawatir dipantau kamera tersembunyi di kamar hotel? Berikut tips untuk mengetahui keberadaan kamera yang sengaja dipasang.

Tips tersebut dibagikan seorang mantan hacker bernama Marcus Hutchins melalui akun TikTok @makwaretech.

“Reply to @safarijackza How to find hidden cameras in AirBnBs #safety #travel,” demikian keterangan yang ditulis Marcus Hutchins.

Langkah awal yang diterangkan Marcus Hutchins adalah memeriksa di sekitar ruangan. Maksudnya adalah untuk mendapatkan perangkat di area tersembunyi yang mungkin bisa merekam.

Di dalam video tersebut, Marcus Hutchins memeriksa detektor asap yang berada tepat di atas tempat tidur, termasuk jam dinding.

“Salah satu cara untuk melihat keberadaan kamera tersembunyi adalah menyinari perangkat-perangkat di dalam kamar dengan cahaya terang, papar Hutchins.

Seperti dilansir Detik, kamera dapat dideteksi dengan sinar dari senter maupun pencahayaan lain. Penyebabnya semua lensa kamera akan memantulkan warna biru, ketika terkena sinar.

Lampu juga bisa digunakan untuk menemukan kamera yang tersembunyi di balik tepi cermin, bagian depan alarm, stop kontak, hingga AC.

“Biasanya kamera yang dipasang berukuran kecil, sehingga dapat disembunyikan di manapun, bahkan di lubang dinding,” urai Marcus.

“Namun kalau sinar langsung mengarah lensa kamera, akan terlihat pantulan cahaya biru,” tandasnya.

@malwaretech

Reply to @safarijackza How to find hidden cameras in AirBnBs #safety#travel

♬ original sound – Marcus Hutchins

Diunggah sejak pertengahan September 2021, video tips mencari kamera tersembunyi itu sudah ditonton lebih dari 21 juta viewers, memperoleh 15.500 komentar dan disukai 3,2 juta orang.



Komentar
Banner
Banner