Religi

Jam’iyah Zuriat Arsyadi Tapin Gelar Haul Datu Kelampayan ke-216

apahabar.com, RANTAU – Jam’iyah Zuriat Arsyadi menggelar Haul Datu Kelampayan atau Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari…

Featured-Image
Haul Datu Kelampayan digelar di Langgar Raudhatul Hassanah, Rantau, Tapin, Senin (9/5) malam. Foto-Ist

bakabar.com, RANTAU – Jam’iyah Zuriat Arsyadi menggelar Haul Datu Kelampayan atau Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari ke-216, Senin (9/5) malam.

Haul Datu Kelampayan digelar di Langgar Raudhatul Hassanah, Rantau. Acara digelar sekaligus memperkuat tali silaturrahmi keturunan Datu Kelampayan.

Acara Haul Datu Kelampayan dibuka dengan pembacaan syair Maulid Nabi Besar Muhammad SAW, pembacaan manakib Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari dan tahlil serta doa.

“Pelaksanaannya rutin setiap tahun dilaksanakan berbeda beda tempat di Kabupaten Tapin. Tujuan haul sama seperti di daerah lain, untuk meneladani mengambil ibroh (pelajaran) yang diwarisi Shahibul Haul,” ujar Ketua Panitia Pelaksanaan, Noor Fikri Ramadhan.

Acheng, begitu ia kerap disapa, menjelaskan Jami’iyah Zuriat Arsyadi merupakan organisasi atau wadah bagi pemilik garis keturunan Datu Kalampayan.

“Jumlahnya anggota ada ratusan mewakali zuriat yang menyebar di Tapin seperti dari zuriat Datu Ahmad Balimau, Datu Sa’dudin Taniran, Syekh Salman Al Farisi Gadung, Pabaungan sampai ke Pematang karangan dan lainnya,” terangnya.

Sementara, Kepala Direktur RSUD Datu Sanggul, dr Milhan sebagai salah satu keturunan ulama tersohor itu menyebut kegiatan yang dilakukan Bani Arsyadi di Tapin sangat bagus.

“Dengan kegiatan haul seperti ini kita beserta anak-anak kita jadi tahu kerabat-karabat kita. Tali silaturahmi tetap terjaga dan bisa menauladani kemuliaan, kebermanfaatan datu kita untuk masyarakat dan peradaban,” ujarnya.

Milhan berharap dengan digelarnya Haul Datu Kalampayan ini masyarakat khususnya di Kabupaten Tapin bisa mendapat barokahnya.

“Mudah-mudahan kita semua mendapat kebarokahan dengan wasilah Shahibul Haul Jaddina Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari yang dilaksanakan malam tadi oleh Bani Arsyadi di Tapin,” harapnya.

Sekedar diketahui, turut hadir dalam acara haul sederhana nan khidmat itu, para habaib, alim ulama, staff ahli Bupati Tapin, Kabag Kesra Setda Tapin, Ketua Pengadilan Agama Rantau dan Kemenag Tapin.



Komentar
Banner
Banner