Sport

Kejurnas Rally 2024 Kembali ke Binuang Tapin, Gelar Seri Pamungkas

Dipercaya menjadi pelaksana Kejurnas Rally 2024, Binuang akan menjadi venue pamungkas dari total tiga seri sepanjang musim.

Featured-Image
Binuang akan menjadi venue pamungkas dari total tiga seri Kejurnas Rally 2024. Foto: RMC

bakabar.com, BANJARMASIN - Dipercaya menjadi pelaksana Kejurnas Rally 2024, Binuang, Tapin, akan menjadi venue pamungkas dari total tiga seri sepanjang musim.

Dijadwalkan putaran ketiga bertajuk South Borneo Rally 2024 tersebut berlangsung 19 hingga 20 Oktober 2024 mendatang, atau setelah seluruh rangkaian Kejurnas Sprint Rally 2024 dirampungkan.

Sebenarnya bukan kali pertama Binuang menjadi tuan rumah. Sebelumnya kabupaten yang terkenal dengan rimpi ini menjadi tuan rumah Kejurnas Sprint Rally, tepatnya seri kedua musim 2012 dan seri pembuka 2013.

Sementara untuk Kejurnas Rally, Binuang dipecaya menggelar seri kedua musim 2023 yang berlangsung 5 hingga 6 Agustus lalu.

Kendati jadwal penyelenggaraan seri penutup Kejurnas Rally 2024 masih beberapa bulan lagi, Rimvi Motor Club (RMC) Binuang selaku penyelenggara sudah melakukan persiapan.

"Pengecekan lintasan sudah dilakukan, karena akan dibenahi lagi. InsyaAllah semuanya akan rampung sebelum pelaksanaan," papar Purwoko Rasdiyono dari RMC Binuang, Kamis (15/8).

Berkaca dari pelaksanaan sebelumnya atau South Borneo Rally 2023, peserta harus menyelesaikan 13 Special Stage (SS) dengan total jarak 133,81 kilometer.

Berbeda dengan seri-seri lain, South Borneo Rally 2023 menyajikan sekitar 30 persen lintasan tarmac atau aspal. Sedangkan sekitar 70 persen adalah lintasan gravel.

Adapun di South Borneo Rally 2024, penyelenggara tampaknya akan mengambil opsi yang sama, mengingat reli di lintasan tarmac akan memanjakan penonton.

"Trek mungkin sama dengan penyelenggaraan sebelumnya, tetapi bisa juga berbeda. Semuanya masih tentatif, karena tergantung hasil rapat nanti," tukas Purwoko.

Terlepas dari kesiapan penyelenggaraan, South Borneo Rally 2024 sedikit banyak menguntungkan pereli-pereli tuan rumah seperti HM Rihan Variza maupun Muhammad Riszki Prayoga.

Rihan sendiri sedang memuncaki klasemen kejuaraan umum, kelas H1, dan grup H, seusai menjuarai putaran kedua di Rambung Sialang, Sumatera Utara, 3 hingga 4 Agustus 2024 lalu.

Sebelumnya di South Borneo Rally 2023, Rihan memenangi kejuaraan umum dan grup, sekaligus membawa HRVRT HBM BGM BMB menjuarai team club.

Editor


Komentar
Banner
Banner