Operasi Pasar Murah

Jaga Stabilitas Harga Pangan, Kemendag Gelar Pasar Murah

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan alias Zulhas menghadiri pelaksanan pasar murah di Cipinang Muara, Kecamatan Jatinegara Kota Jakarta Timur.

Featured-Image
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan alias Zulhas menghadiri pelaksanan pasar murah di Cipinang Muara, Kecamatan Jatinegara Kota Jakarta Timur, Sabtu (1/4). apahabar.com/Andrey

bakabar.com, JAKARTA - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan alias Zulhas menghadiri pelaksanan pasar murah di Cipinang Muara, Kecamatan Jatinegara Kota Jakarta Timur. 

Pasar murah tersebut di gelar untuk menjaga stabilitas harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok pada periode Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Ramadhan dan Lebaran 2023.

Harga bahan pokok yang dijual pasar murah bazar ramadhan 2023 ini mengikuti Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditentukan Pemerintah. Bahan pokok yang dijual di pasar murah ini terdiri dari gula, tepung, minyak goreng, beras, daging sapi, daging ayam, telur, hingga margarin. 

Baca Juga: Bertemu Pedagang Pasar Senen, Teten: Boleh Berjualan Sampai Stok Habis

"Harganya harga yang paling pokok misalnya minyak Rp 14 ribu, gula Rp 12 ribu pokoknya sesuai dengan harga eceran yang ditentukan pemerintah," Kata Zulhas saat meninjau bazar ramadan 2023 Sabtu (1/4).

Rencananya, sepanjang bulan suci ramadhan akan terus dilakukan Bazar Ramadhan pasar murah di beberapa daerah, tidak hanya di Jakarta. Selain itu, dengan adanya pasar murah bisa menekan harga bahan pokok yang saat ini melonjak saat ramadhan

"Ini kita gelar terus selama ramadhan agar masyarakat mendapat akses pangan murah," katanya.

Baca Juga: Tak Hanya Pakaian Bekas, Ridwan Kamil Khawatirkan Impor Tekstil Murah Rusak Pasar UMKM

Zulhas memastikan stok pangan strategis cukup untuk bulan Ramadan hingga Idul Fitri. Ia juga memberikan ultimatum kepada pengusaha jika menimbun dan menaikkan harga kebutuhan pokok di luar kendali.

"Kita minta betul pengusaha dan pedagang jangan main-main, naik sih oke tapi kalau berlebihan kita ada satgas," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner