Politik

Jadi Khatib Salat Jumat, H Ansharuddin: Krisis Moral Sudah Terjadi di Mana-mana

apahabar.com, PARINGIN – Calon bupati Balangan H Ansharuddin menjadi khatib salat Jumat di Masjid Muhajirin Desa…

Featured-Image
Calon bupati Balangan, Ansharuddin menjadi khatib pelaksanaan salat Jumat, di Masjid Muhajirin Desa Juuh, Kecamatan Tebing Tinggi. Foto: Istimewa

bakabar.com, PARINGIN - Calon bupati Balangan H Ansharuddin menjadi khatib salat Jumat di Masjid Muhajirin Desa Juuh, Kecamatan Tebing Tinggi, Jumat (5/12).

Ansharuddin dalam khotbah Jumat menyoroti krisis moral yang sudah terjadi di mana-mana.

“Seorang bapak tega membunuh anaknya, demikian pula anak tega membunuh ibunya, perkelahian, perampokan, pemerkosaan dan lain-lain,” ujar Ansharuddin.

Karena banyaknya krisis moral, lanjutnya, Allah SWT memberikan teguran secara langsung. Mulai dari berbagai bencana seperti banjir, kebakaran, kecelakaan dan sebagainya.

Ansharuddin menyebutkan seperti dalam firman Allah SWT dalam Alquran Surat Al-Rum [30]: 41.

"Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusi, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari [akibat] perbuatan mereka, agar mereka kembali [ke jalan yang benar]."

Ansharuddin menyebutkan tiga penyebab kerusakan moral, yakni lemahnya iman seseorang, lingkungan yang rusak dan lemahnya kontrol.

“Lingkungan sangat mempengaruhi moral atau akhlak seseorang, baik lingkungan berupa tempat tinggal atau lingkungan teman sepergaulan. Oleh karena itu, janganlah kita berada di tengah-tengah orang yang senang berbuat kerusakan, seperti minum-minuman keras, berjudi dan lain-lainnya,” ujarnya.

“Banyaknya kemaksiatan, bahkan dilakukan didepan umum akibat lemahnya kontrol dari orang tua dan masyarakat cenderung membiarkan kemaksiatan yang dilakukan,” tambahnya.

Oleh karena itu, kata Ansharuddin, kerusakan moral tidak boleh dibiarkan terus berlarut, di antara upaya yang dilakukan melalui memperkokoh keimanan, menanamkan perasaan dekat dengan Allah SWT.

“Mewujudkan lingkungan yang islami dan menumbuhkan tanggung jawab, baik sebagai orang tua terhadap anaknya ataupun masyarakat terhadap lingkungannya,” tutup Asnharuddin mengakhiri khutbahnya.

Terpantau, pukul 12.10 Wita para jemaah salat Jumat di Masjid Muhajirin Desa Juuh, Kecamatan Tebing Tinggi mematuhi aturan protokol kesehatan Covid-19. Jemaah yang melaksanakan salat Jumat memakai masker dan menjaga jarak.

Sementara, yang menjadi imam salat Jumat H Awang Campan dan muazin, Ahmad.

H Ansharuddin saat ini tengah menjalani masa cuti sebagai Bupati Balangan. Kehadirannya di masjid tersebut mendapatkan sambutan positif jemaah yang hadir.

Menurut salah seorang jemaah, usai salat sempat memuji dan berkata bahwa calon bupati Balangan H Ansharuddin merupakan orang yang alim lagi mengamalkan ilmu agamanya.

“Semoga beliau dapat menjadi tauladan bagi masyarakat Balangan dan bagi generasi muda Balangan. Dan mudah mudahan sidin terpilih lagi jadi bupati,” ucapnya. (Adv)



Komentar
Banner
Banner