News

Instruksi Danrem Antasari: Petakan Wilayah Rawan Karhutla di HSS

apahabar.com KANDANGAN – Menyambut musim kemarau, Komandan Korem (Danrem) 101/Antasari Brigjen TNI Rudi Puruwito meminta para…

Featured-Image
Danrem 101/Antasari didampingi istri setelah kunjungan kerja di Kodim 1003/HSS. apahabar.com/Nuha

bakabar.com KANDANGAN – Menyambut musim kemarau, Komandan Korem (Danrem) 101/Antasari Brigjen TNI Rudi Puruwito meminta para prajuritnya siaga kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Rudi meminta wilayah rentan karhutla segera dipetakan.

Brigjen TNI Rudi Puruwito mengatakan bahwa musim kemarau sangat rentan dan rawan terhadap karhutla. Terutama potensi pembakaran yang dilakukan dengan sengaja.

“Kami sampaikan tadi kepada Dandim 1003/HSS terutama Babinsa di wilayah HSS untuk bisa membaca potensi Karhutla,” kata Brigjen TNI Rudi Puruwito saat berkunjung ke HSS, Rabu (25/5).

Salah satunya yakni dengan membaca kondisi geografis masing-masing desa atau wilayah, sehingga pembakaran hutan yang dilakukan dengan sengaja untuk dijadikan lahan bisa diantisipasi.

Alasan masyarakat membakar hutan kebanyakan untuk efisiensi penghematan biaya merupakan tindakan salah karena berdampak negatif bagi lingkungan.

“Tentu kami berharap, masyarakat dapat diberikan edukasi atau imbauan tentang larangan membakar hutan dan lahan,” lanjutnya.

Jika masyarakat masih tidak memedulikan hal tersebut, maka Kodim 1003/HSS dan Polres HSS akan bertindak sesuai hukum.

“Sehingga bisa bersama dalam menjaga HSS yang tetap tertib, aman, tentram, dan masyarakat sejahtera,” kata Brigjen TNI Rudi Puruwito.

Selain persiapan karhutla, Danrem 101/Antasari juga meminta kepada seluruh prajurit TNI Kodim 1003/HSS meningkatkan kinerja dan prestasi yang sebelumnya sudah dicapai bisa menjadi lebih baik lagi.

“Dalam pelaksanaan tugas, penekanan saya kepada prajurit agar melangkah maju sehingga Kodim 1003/HSS dapat menjadi harapan bagi masyarakat,” tandasnya.

Sementara itu, Dandim 1003/HSS Letkol Inf Nurliwedie Nurdin Kanan mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Danrem 101/Antasari beserta jajaran Korem 101/Antasari.

Kunjungan kerja ini, lanjut Letkol Inf Nurliwedie, merupakan yang ketiga setelah sebelumnya menyambangi Banjarmasin dan Tanah Laut beberapa waktu lalu.

“Kami ucapkan terima kasih dan selamat datang di Kabupaten HSS,” pungkasnya.



Komentar
Banner
Banner