Hot Borneo

Insenda Guru Bakal Naik jadi Rp1,5 Juta per Bulan Disambut Gembira Honorer Kotabaru

Rencana kenaikan insentif daerah (Insenda) bagi guru honorer jadi angin segar bagi para pendidik bukan ASN di Kotabaru.

Featured-Image
Mega salah satu guru Insenda di SDN 2 Siayuh, Kecamatan Kelumpang Barat. Foto : Yuni for apahabar.com

bakabar.com, KOTABARU - Rencana kenaikan insentif daerah (Insenda) bagi guru honorer jadi angin segar bagi para pendidik bukan ASN di Kotabaru.

"Tentu mewakili kawan-kawan yang mengajar di pedesaan cukup senang menerima kabar rencana kenaikan Insenda ini," kata Yuni, salah satu guru di Kotabaru, Rabu (23/8).

"Ini otomatis menjadi penyemangat kami dalam mengajar peserta didik di sekolah," sahut Yuni penuh semangat.

Menurut Yuni, nominal Insenda sebelumnya yang diterima para guru honor tentu jauh dari kata cukup untuk keperluan sehari-hari.

Sehingga, kata dia, rencana kenaikan Insenda sangat membantu para guru, utamanya yang berada di kawasan pelosok desa.

"Intinya, semoga informasi dari pemerintah daerah itu benar-benar terealisasi sehingga dapat membantu meningkatkan kesejahteraan para guru," tutur Yuni.

Yuni sendiri sudah delapan tahun menerima Insenda di SDN 2 Siayuh, Kecamatan Kelumpang Barat.

Kegembiraan juga diungkapkan guru lainnya, Mega Rahayu. Ia cukup senang meski ia mulai bisa menerima Insenda baru tahun 2023 ini.

"Pasti senang. Terimakasih kami ucapkan untuk tim Banggar DPRD dan Pemerintah Daerah Kotabaru yang telah memberikan perhatian kepada kami," kata Mega.

Saipullah, selaku Kepala SDN Semisir di Kecamatan Pulau Laut Tengah, mengaku sangat bersyukur adanya rencana kenaikan Insenda guru honor di Kotabaru.

Sebab, ada empat guru honor yang terdaftar mendapatkan Insenda per bulannya itu.

Saipullah juga menaruh harapan informasi tersebut tidak hanya isu, dan benar-benar terwujud agar berdampak positif pada proses dunia belajar dan mengajar.

"Semoga kenaikan Insenda, juga akan berimbas positif sekaligus motivasi para guru dalam meningkatkan kompetensi di masing-masing sekolah," ucap Saipullah.

Diwartakan sebelumnya bahwa awal tahun 2024 mendatang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotabaru bakal menaikkan insentif daerah (Insenda) bagi para guru.

Kenaikan Insenda telah disepakati dalam pembahasan RAPBD 2024 antara Badan Anggaran (Banggar) DPRD dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kotabaru.

Kenaikan Insenda disepakati dari Rp1 juta, naik menjadi Rp1,5 juta. Insenda diberikan setiap bulan sekali, hanya untuk guru honorer.

Gewsima Mega Putra salah satu anggota Tim Banggar DPRD Kotabaru juga mengiyakan adanya kesepakatan ihwal menaikkan Insenda untuk para guru tersebut.

Menurutnya, kenaikan Insenda para guru tersebut cukup tepat mengingat begitu besarnya pengabdian para pendidik untuk mencerdaskan siswa di Kotabaru.

"Intinya, kami menilai kenaikan insentif untuk para guru ini merupakan hal yang wajar, dan layak karena melihat kerja keras serta perjuangan yang besar mencerdaskan anak didiknya," ucapnya.

Putra bilang para guru yang akan menerima Insenda itu dari berbagai tingkatan, mulai PAUD, SD, dan SLTP dengan total keseluruhan mencapai 1844 orang.

Sementara dari angkat tersebut rinciannya ialah, PAUD 620 orang, SD 953 orang, serta SLTP 271 orang.

"Intinya, kami berharap kenaikan Insenda itu bisa menambah semangat tersendiri bagi para guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner