Religi

Inilah Ulama Andalan Kalsel di “Muktamar Nasional” Tempo Dulu

apahabar.com, BANJARMASIN – Bahtsul Masail adalah forum di lingkungan Nahdlatul Ulama yang membahas permasalahan umat, dan…

Featured-Image
Ilustrasi tiga ulama asal Banjar. Foto – rindugurusekumpul.blogspot.com

bakabar.com, BANJARMASIN - Bahtsul Masail adalah forum di lingkungan Nahdlatul Ulama yang membahas permasalahan umat, dan kemudian dicarikan Solusinya. Jika masalahnya alot, sementara literatur yang diketahui tidak memadai, maka ulama "khos" yang bisa memecah kebuntuan. Banjar punya itu.

Bahtsul masail termasuk agenda muktamar NU Nasional di masa lalu -hingga sekarang-, dihadiri ulama-ulama hebat di masanya. Mereka bukanlah ulama sembarangan yang menuntut ilmu sebentar lantas ikut berkomentar masalah hukum.

Dari Kalimantan Selatan saja, ulama yang kerap ikut di Bahtsul Masail pada Muktamar Nasional adalah ulama yang jempolan. Tidak hanya karena beliau alumni Tanah Suci dan berguru pada ulama besar dunia di sana, tapi karena beliau sangat mengamalkan ilmunya.

Baca Juga: Habib Tuna Netra Asal Yaman, Ungkap Keistimewaan Haul Abah Guru Sekumpul

Satu di antara ulama andalan Kalsel di Muktamar Nasional adalah KH Seman Mulya. Menurut penuturan KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani -Abah Guru Sekumpul-, KH Seman Mulya kerap diajak KH Husin Qaderi ikut dalam Bahtsul Masail di Muktamar Nasional.

Ketika perkara berujung buntu, KH Husin Qaderi kerap membisiki KH Seman Mulya untuk mencarikan solusi dengan cara yang tak biasa.

KH Seman Mulya pun mencari tempat di sudut ruangan yang tak tampak banyak orang. Dia pun menghubungi gurunya secara rohani -semacam videocall sekarang-. Dari jauh, guru utama beliau -Syekh Syaifullah Turki- memberikan solusi dengan menyebutkan kitab-kitab rujukan, lengkap di halaman berapa masalah itu akan dipecahkan.

Selesai "videocall" dengan gurunya, KH Seman Mulya pun menyampaikan solusi itu di tengah forum Bahtsul Masail. Kebuntuan pun pecah di tangan ulama "khos" yang satu ini.

"Itulah yang menyebabkan Guru Husin Qaderi sering mengajak Guru Seman ke Muktamar Nasional," ujar Abah Guru Sekumpul dalam majelisnya.

Baca Juga: Misteri "Tongkat" Soekarno Terkuak, Ternyata Ulama Ini yang Memberinya

Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner