FIFA Matchday

Ini Alasan Mengapa Surabaya Jadi Pilihan Gelar FIFA Matchday Timnas

Laga bertajuk FIFA Match Day antara Tim Nasional (Timnas) Indonesia menghadapi Palestina akan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya

Featured-Image
Ketua umum PSSI, Erick Thohir meninjau kesiapan dari Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Selasa (6/6). (Foto:dok.PSSI)

bakabar.com, JAKARTA - Laga bertajuk FIFA Matchday antara Timnas Indonesia menghadapi Palestina akan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya pada Rabu (14/6) mendatang. 

Ketua umum PSSI, Erick Thohir pun menerangkan alasan mengapa Surabaya yang menjadi pilihan sebagai home base dari Fachruddin Cs. 

"Jadi (GBT) benar-benar salah satu lapangan yang terbaik di Indonesia, tentu dengan standar internasional. Kami juga apresiasi persiapan kota Surabaya. Maka kami, memberikan kepercayaan untuk salah satu pertandingan FIFA Match Day bulan Juni yaitu tanggal 14 Juni antara Timnas Indonesia Vs Palestina," kata Erick saat meninjau langsung persiapan dari stadion GBT jelang FIFA Match Day, Selasa (6/6). 

Baca Juga: Kesan Pertama Sandy Walsh Latihan di Stadion GBT: Panas 'But' Cantik!

Stadion GBT kebanggaan rakyat Surabaya memang sejatinya dipersiapkan untuk Piala Dunia U20 yang urung terlaksana di Indonesia.

Oleh sebab itu, segala bentuk fasilitas baik rumput maupun sarana prasarana lainnya pun sudah dilakukan perbaikan secara menyeluruh dan berstandar internasional. 

Sebelumnya, pada September tahun lalu Timnas Indonesia U-20 juga sempat berkandang di GBT untuk Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Selain itu juga, hal lain yang dikatakan Erick, PSSI memang sudah memiliki kesepakatan dengan pemerintah setempat yakni Pemerintah Daerah (Pemda) Jawa Timur khususnya Surabaya.

Baca Juga: Lakoni Laga Debut di Timnas Indonesia dalam Waktu Dekat, Sandy Walsh Antusias

Setelah FIFA Matchday, PSSI akan kembali menggelar beberapa pertandingan level Internasional di stadion yang berkapasitas 46.806 tersebut. 

"Tentu ini bukan pertandingan FIFA Matchday yang pertama dan terakhir, sesuai kesepakatan waktu itu, kita akan membawa lagi beberapa pertandingan Timnas di Surabaya," terang Erick. 

Atas dasar kesepakatan yang dibuat, Erick juga meminta kepada pihak Pemda agar benar-benar menjaga kualitas dari stadion GBT itu sendiri. 

"Saya berharap tentu dukungan penuh Pemda untuk terus menjaga stadion ini sesuai dengan standar yang diberlakukan FIFA," lanjutnya. 

Baca Juga: PSSI Bakal Hukum Klub yang Tak Lepas Pemain ke TC Timnas

Selain soal stadion, hal lain yang menjadi penting dari laga yang disponsori oleh Bank Syariah Indonesia ini, nantinya hasil dari penjualan tiket akan disisihkan sebagiannya untuk kepentingan tragedi kemanusiaan di Palestina. 

"Seperti yang sudah kita sepakati antara PSSI dengan Pemda, karena ini sebuah pertandingan yang juga penting buat persiapan Timnas untuk meraih poin, tapi juga ada hal lain yang penting, ini merupakan persahabatan kedua negara," jelas Erick. 

"Karena itu tadi saya dan Exco memutusakan seluruh penjualan tiket nanti 10 persennya hasil penjualan tiket kita akan sumbangkan untuk perjuangan rakyat Palestina yang hari ini memang masih berjuang. Tentu kepercayaan dari indonesia sendiri sejak dulu bahwa kemerdekaan adalah hak semua bangsa jadi InsyaAllah ini pertandingan yang sakral dan baik, tidak hanya penting buat Timnas untuk meraih poin," sambungnya. 

Baca Juga: Tiket Cepat Habis, Ketum PSSI Bersyukur Laga Timnas Tidak Kalah dari Konser Musik

Untuk Timnas Palestina sendiri, mereka diagendakan akan tiba di Surabaya pada tanggal 10 dan 11 Juni.

PSSI juga sudah merilis harga tiket untuk pertandingan ini yaitu kategori Ekonomi Rp 100 ribu dan VIP Rp 250 ribu. Pembelian tiket Indonesia Vs Palestina sudah mulia bisa dibeli mulai hari ini, Rabu (7/6). 

Editor


Komentar
Banner
Banner