News

Inggris Sebut Ukraina Rebut Kembali Kota-kota dari Pasukan Rusia

apahabar.com, KEIV – Pasukan Ukraina dilaporkan berhasil merebut kembali kota-kota dari militer Rusia yang melancarkan invasi…

Featured-Image
Kendaraan militer Ukraina di jalanan Kiev. Foto-AFP via Getty Images/FADEL SENNA

bakabar.com, KEIV Pasukan Ukraina dilaporkan berhasil merebut kembali kota-kota dari militer Rusia yang melancarkan invasi sejak akhir Februari.

Ukraina juga disebut berhasil merebut kembali posisi pertahanan di pinggiran Kiev bagian timur.

Seperti dilansir CNN, Sabtu (25/3/2022), hal itu disampaikan Kementerian Pertahanan Inggris dalam laporan intelijen terbarunya.

“Serangan balik Ukraina, dan pasukan Rusia mundur ke jalur pasokan yang terlalu panjang, telah memungkinkan Ukraina untuk merebut kembali kota dan posisi pertahanan hingga 35 kilometer sebelah timur Kiev,” sebut Kementerian Pertahanan Inggris dalam laporannya, kutip Detik.com.

“Pasukan Ukraina kemungkinan terus melanjutkan upaya untuk mendorong pasukan Rusia kembali ke sepanjang poros barat laut dari Kiev menuju Lapangan Udara Hostomel,” imbuh laporan intelijen dari Kementerian Pertahanan Inggris.

Sementara itu, masih menurut laporan Kementerian Pertahanan Inggris, pergerakan pasukan Rusia menuju kota pelabuhan Odessa di tepi Laut Hitam kini terhenti.

“Pasukan Rusia masih berupaya menduduki Mykolaiv ketika mereka berniat untuk bergerak ke arah barat menuju Odessa dengan kemajuan mereka terhambat oleh masalah logistik dan perlawanan Ukraina,” demikian seperti dilaporkan Kementerian Pertahanan Inggris.

Menurut laporan otoritas Ukraina, pasukan negara itu berhasil merebut kembali wilayah di sebelah timur Kiev setelah pertempuran sengit pada Kamis (24/3) waktu setempat, membalikkan perolehan pasukan Rusia sebelumnya.

Sementara itu, sejumlah video di media sosial yang digeolokasi CNN menunjukkan tentara Ukraina bersama dengan sejumlah kendaraan lapis baja Rusia yang berhasil direbut, ada di area permukiman kecil Lukyanovka, yang berjarak 55 kilometer sebelah timur Kiev.



Komentar
Banner
Banner