Habar Ramadan

Indahnya Toleransi di Solo, Tokoh Agama-Masyarakat Sebar 10 Ribu Paket Sembako

Sebanyak 100 institusi dari unsur masyarakat, organisasi sosial, hingga kelompok agama tergabung dalam gerakan SBS membagikan 10.000 paket sembako

Featured-Image
Panitia Solo Bersama Selamanya menyiapkan 10.000 paket sembako di Beteng Vastenburg, Solo. apahabar.com/Fernando

bakabar.com, SOLO- Sebanyak 100 institusi dari unsur masyarakat, organisasi sosial, hingga kelompok agama dalam gerakan Solo Bersama Selamanya (SBS) membagikan 10 ribu paket sembako, Minggu, (16/04) di halaman Benteng Vastenburg.

Menurut Koordinator SBS, Sumartono Hadinoto, penyumbang terdiri dari organisasi hobi, organisasi sosial kemasyarakatan. Hingga kelompok keagamaan mulai dari muslim, kristen, hingga klenteng semuanya turut serta dalam kegiatan sosial ini.

Baca Juga: KM Dobonsolo Angkut Peserta Mudik Gratis Motor Menuju Semarang

Kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahunnya. Namun sempat berhenti selama 2 tahun karena adanya pandemi.

"Hari ini ada 9.700 paket dari total Rp10.000 lebih sedikit. Sebagian memang kita bagikan langsung ke institusi yang menerima. Karena seperti difabel dan tunanetra itu kan kasihan kalau mereka harus ngambil paket. Kita akan kirimkan nanti. Sesuai dengan jadwal yang terdahulu," ungkapnya.

Dalam acara ini para donatur turut serta menyumbangkan paket sembako sesuai dengan keinginan mereka. Di mana per paket sembako senilai Rp 100.000 terdiri dari 3kg beras, 1 kg gula, 1 pack minyak 900 ml, 6 bungkus mie telur, dan 1 bungkus produk UMKM.

Baca Juga: [FOTO] Kecelakaan Beruntun di Tol Semarang-Solo Telan 8 Korban Jiwa

Penerima paket sembako inipun sesuai dengan database sebelumnya. Di mana sasarannya diberikan pada warga yang benar-benar membutuhkan.

"Kita memang berharap ini semuanya bisa terus dijaga kebersamaannya. Kota Solo untuk semuanya, jadi kami dari matakin, dari pengajian-pengajian, dari gereja. Semuanya kita ajak termasuk organisasi sosial tionghoa," terangnya.

Warga usai mendapatkan paket sembako yang bertempat di sebuah ember. Foto : bakabar.com/Fernando
Warga usai mendapatkan paket sembako yang bertempat di sebuah ember. Foto : bakabar.com/Fernando

Tak sampai 2 jam pembagian 10.000 paket sembako yang dimulai dari pukul 08.00 pagi ini sudah habis diburu warga dengan dibantu 200 orang relawan.

"Pelaksanaan Solo Bersama Selamanya peduli lebaran ini jadi yang ke-17 kalinya. Setelah sempat terhenti 2 tahun karena pandemi. Uniknya ini dikemas dengan ember, tujuannya selain gampang dibawa pulang, juga bermanfaat di rumah," tambah Tanu Kismanto, Ketua Solo Bersama Selamanya

Di lain pihak Wali Kota Solo, yang hadir dalam acara tersebut mengucapkan terima kasih pada para donatur yang telah memberikan santunannya.

"Terima kasih bantuannya dari SBS yang setiap tahun rutin untuk memberikan santunan untuk warga. Ini luar biasa sekali 17 tahun tidak pernah putus," tandasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner