Lebaran 2023

Indahnya Toleransi, Umat Islam Salat Idulfitri di Depan Gereja Koinonia

Ribuan warga mengikuti Salat Idul Fitri 1444 Hijriah di depan GPIB Koinonia, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Sabtu (22/4).

Featured-Image
Ribuan umat Islam melaksanakan sholat Idul Fitri di depan Gereja Koinonia Jatinegara, Jakarta, Sabtu (22/4). apahabar.com/Andrey

apahahar.com, JAKARTA - Ribuan warga mengikuti Salat Idulfitri 1444 Hijriah di depan GPIB Koinonia, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, pada Sabtu (22/4).

Pantauan bakabar.com, sejak pukul 05.30 WIB ribuan warga berbondong-bondong memenuhi jalanan dan halaman Gereja Koinoinia yang berada di Jalan Jenderal Urip Sumuharjo.

Sebagian besar jemaah merupakan warga sekitar yang bermukim di kawasan Jatinegara dan Matraman. Warga datang membawa alas koran dan tikar sebagai ganti alas sajadah.

Tyo Pribadi (45) salah seorang warga Kebon Pala Jatinegara rutin melaksanakan salat Idulfitri di lokasi tersebut. Area depan GPIB Koinonia yang berada di persilangan Jalan Jatinegara Barat dan Jalan Matraman Raya itu memang rutin digunakan sebagai lokasi salat.

Baca Juga: Gema Takbir Idulfitri 1 Syawal 1444 H, Sederet Pejabat Tiba di Masjid Istiqlal

"Sudah lama, bertahun-tahun memang salat di sini. Ini bentuk toleransi tenggang rasa antar umat beragama," ujar Tyo.

Puluhan tahun warga Jatinegara dan Matraman, Jakarta Timur mengadakan salat Idulfitri di depan GPIB Koinonia dan sejak itu tidak pernah sekalipun ada gesekan antar-umat.

Jemaah gereja justru mempersilahkan warga untuk melaksanakan salat Id di area halaman gereja. Selain itu, pihak gereja juga membagikan koran bekas untuk dijadikan alas bagi warga yang hendak melaksanakan salat Id.

"Disini benar-benar teduh, umat Islam dan Kristen guyub, tidak pernah bergesekan satu sama lain, semoga terus seperti ini selamanya" jelas Tyo.

Editor
Komentar
Banner
Banner