Piala Dunia 2022

Imbang di 120 Menit, Argentina Singkirkan Belanda Lewat Drama Adu Penalti

Argentina berhasil melaju ke babak semifinal Piala Dunia 2022 usai menaklukan timnas Belanda dengan bermain di babak adu penalti setelah imbang 2-2 di 120 menit

Featured-Image
Argentina singkirkan Belanda di babak adu penalti perempat final Piala Dunia 2022 (Foto: Twitter @fifaworldcup)

bakabar.com, JAKARTA – Tim Nasional Argentina berhasil menyingkirkan Belanda di babak perempat final Piala Dunia 2022 usai mengalahkan De Oranje di babak adu penalti setelah bermain imbang 2-2 di 120 menit.

Kemenangan ini sekaligus membuat Argentina meraih satu tiket di babak semifinal Piala Dunia 2022 dan akan berjumpa dengan Kroasia di laga selanjutnya.

Jalannya Pertandingan Babak Kedua

Selepas turun minum, Lionel Messi kembali memimpin rekan-rekannya menggempur barisan pertahanan Belanda untuk menambah pundi-pundi gol mereka ke gawang Andries Noppert.

Laga babak kedua berjalan lima menit, anak asuh Louis Van Gaal mencoba mendominasi jalannya pertandingan demi mengejar ketertinggalan dari Argentina.

Baca Juga: Argentina Unggul Sementara 1-0 dari Belanda di Babak Pertama

Namun, solidnya barisan pertahanan Albiceleste membuat De Oranje kesulitan untuk membobol gawang Emiliano Martinez demi menyamakan kedudukan.

Memasuki menit ke-62, Argentina mendapat peluang melalui sepakan tendangan bebas. Lionel Messi yang mengambil kesempatan tersebut lantas melepaskan tembakan terukur ke arah gawang Noppert. Namun, tendangnya masih melambung tipis di atas mistar gawang De Oranje.

Di menit ke-70, Argentina mendapatkan hadiah penalti dari wasit usai Danzel Dumfries menjatuhkan Marcos Acuna di dalam kotak terlarang De Oranje.

Lionel Messi yang ditunjuk menjadi algojo tendangan penalti, lantas tak menyia-nyiakan kesempatan emas tersebut. Melepaskan tembakan ke arah kanan gawang Noppert membuat kiper timnas Belanda itu tak berkutik menghalau si kulit bundar.

Messi pun sukses membuat Noppert mengambil bola dari dalam gawangnya untuk keunggulan 2-0 timnas Argentina.

Anak asuh Louis Van Gaal akhirnya berhasil memperkecil ketertinggalannya di menit ke-83 menjadi 2-1 melalui gol Wout Weghorst.

Menyerang dari sisi kanan pertahanan De Oranje, Steven Berghuis melepaskan umpan silang yang berhasil diteruskan menjadi gol oleh Weghorst dengan sundulan kepalanya.

Tak berselang lama, Steven Berghuis mencoba menambah pundi-pundi gol timnas Belanda. Namun sayangnya, sepakan kerasnya masih berhasil diblok oleh Nicolas Tagliafico dan hanya menghasilkan sepak pojok untuk pasukan Louis Van Gaal itu.

Baca Juga: Dramatis! Aksi Heroik Livakovic Bawa Kroasia Kalahkan Brazil Lewat Adu Penalti

Menjelang waktu tambahan babak kedua berakhir, De Oranje berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2 lewat gol Wout Weghorst.

Memanfaatkan umpan Teun Koopmeiners dari tendangan bebas, Weghorst melepaskan tembakan ke arah gawang Argentina yang tak berhasil dihalau oleh Emiliano Martinez.

Gol tersebut sekaligus menutup jalannya pertandingan babak kedua dan dilanjutkan dengan babak tambahan 2 kali 15 menit.

Extra Time

Memasuki babak tambahan, kedua tim bermain dengan saling menyerang. Namun, rapatnya barisan pertahanan membuat keduanya masih kesulitan untuk menciptakan gol di babak extra time yang pertama.

Baca Juga: Imbang 0-0 di Babak Pertama, Duel Kroasia vs Brazil Memasuki Klimaks

Hingga 15 menit waktu tambahan babak pertama usai, skor 2-2 masih menghiasi papan skor di Lusail Stadium untuk kedua tim.

Memasuki babak kedua extra time, kedua tim masih beradu taktik untuk dapat memecah kebuntuan demi meraih satu tiket ke babak semifinal.

Tim Tango kemudian mendapat peluang di menit ke-107 lewat sepak pojok Lionel Messi, namun umpan tendangan pojok pemain PSG itu masih mampu diamankan oleh kiper Andries Noppert.

Waktu tambahan extra time kedua tersisa sembilan menit, juru taktik Argentina, Lionel Scaloni memasukan Angel Di Maria menggantikan Lisandro Martinez untuk menambah daya serang tim Tango ke pasukan Louis Van Gaal.

Baca Juga: Tersingkir di Piala Dunia, Luis Enrique Mundur dari Pelatih Spanyol

Lautaro Martinez yang masuk sebagai pemain pengganti nyaris menciptakan gol andai sepakannya di dalam kotak penalti Belanda tak mengenai badan Virgil Van Dijk.

Semakin intens menyerang gawang Noppert, Argentina berhasil mengancam Belanda dua kali berturut-turut namun belum berhasil menggentarkan gawang De Oranje.

Imbang 2-2 di babak extra time, pertandingan kedua tim dilanjutkan dengan babak adu penalti untuk menentukan tim yang berhak lolos ke babak semifinal Piala Dunia 2022.

Penalti

Menjadi algojo penendang pertama Belanda, Van Dijk gagal mengeksekusi bola ke gawang Emiliano Martinez. Dengan sigap, kiper Aston Villa itu berhasil menepis tendangan kapten Belanda tersebut.

Baca Juga: Fernando Santos: Saya Tidak Ada Masalah Dengan Ronaldo!

Messi yang menjadi penendang pertama Argentina sukses mengecoh kiper Noppert hingga bola melaju ke dalam gawang Belanda.

Tak disangka, Martinez kembali menjadi penyelamat gawang Argentina usai menepis tendangan kedua Belanda yang dilakukan oleh Steven Berghuis. Argentina semakin di atas angin usai Leandro Paredes berhasil menceploskan bola ke gawang Noppert.

De Oranje yang tertinggal 2-0, sedikit bernapas lega usai Teun Koopmeiners membobol gawang Emiliano Martinez sebagai penendang ketiga Argentina.

Leandro Martinez gagal menceploskan bola ke dalam gawang Noppert yang membuat Belanda berhasil menyamakan keduduk setelah Luuk De Jong mampu menggetarkan gawang Emiliano Martinez.

Namun, gol Luuk De Jong sia-sia, usai Lautaro Martinez yang menjadi penendang terakhir Argentina berhasil menggetarkan gawang De Oranje untuk kemenangan 4-3 di babak adu penalti.

Dengan hasil tersebut, Argentina menjadi tim kedua yang berhasil meraih tiket ke babak semifinal dan akan berhadap dengan Kroasia.

Editor


Komentar
Banner
Banner