FIFA Matchday

Imbang 2-2, Jordi Amat Selamatkan Indonesia dari Kekalahan Atas Burundi

Timnas Indonesia harus puas bermain imbang 2-2 atas Burundi pada pertandingan kedua FIFA Matchday

Featured-Image
Jordi Amat melakukan selebrasi usai mencetak gol penyelamat Timnas Indonesia dari kekalahan atas Burundi di FIFA Matchday (Foto: dok. PSSI)

bakabar.com, JAKARTA – Timnas Indonesia harus puas bermain imbang 2-2 atas Burundi pada pertandingan kedua FIFA Matchday.

Bermain di Stadion Patriot Candrabhaga, Selasa (28/3) malam WIB, Indonesia sejatinya unggul lebih dulu lewat gol Witan Sulaeman sebelum akhirnya disamakan lewat gol Saido Berahino.

Skuat Garuda sempat tertinggal 1-2 menjelang waktu normal berakhir lewat gol Pacifique. Namun, Jordi Amat berhasil menyelamatkan timnas Indonesia dari kekalahan yang membuat skor akhir menjadi imbang 2-2.

Jalannya pertandingan

Berbekal kemenangan 3-1 di laga pertama, timnas Indonesia tampil dengan kepercayaan diri tinggi menghadapi tim nasional Burundi di laga kedua FIFA Matchday ini.

Baca Juga: Meski Menang di Dua Laga Awal Kualifikasi Euro 2024, Southgate Tak Mau Inggris Ambil Resiko

Anak asuh Shin Tae-yong langsung bermain mengurung lini pertahanan timnas Burundi sejak menit pertama babak kedua.

Alhasil, Dendy Sulistyawan nyaris mencetak gol lebih dulu namun masih diamankan oleh kiper Burundi Rukunde Onesime.

Indonesia lagi-lagi berpeluang menciptakan gol di menit ke-13, lewat umpan lambung yang mampu ditanduk dengan baik oleh Elkan Baggott, namun sayang bola masih bisa diamankan oleh kiper Burundi.

Bermain di depan ribuan suporter Merah-Putih yang hadir langsung di Stadion Patriot Candrabhaga, skuat Garuda semakin menguasai jalannya pertandingan di babak pertama.

Namun, timnas Burundi bukannya tanpa perlawanan. Tim asal Afrika itu lantas mencoba mengancam gawang Indonesia di menit ke-30 lewat skema serangan balik.

Baca Juga: Jelang Laga Penentu, Luis Diaz Bersiap Bantu Liverpool Usai Cedera Panjang

Akan tetapi, kiper timnas Indonesia, Syahrul Trisna yang tampil apik berhasil mengagalkan upaya skuat Burundi untuk menciptakan gol ke gawang Garuda.

Menjelang akhir babak pertama, kedua tim masih kesulitan untuk mencetak gol. Alhasil, laga babak pertama pun tuntas dengan kedudukan imbang 0-0 untuk kedua tim.

Memasuki babak kedua, baik Indonesia maupun Burundi mencoba meningkatkan intensitas serangan demi menciptakan gol di babak kedua.

Alhasil, di menit ke-61 Timnas Indonesia berhasil memecah kebuntuan lebih dulu lewat gol Witan Sulaeman yang masuk sebagai pemain pengganti.

Memanfaatkan umpan datar Dendy Sulistyawan di dalam kotak penalti Burundi, Witan yang tak terkawal dengan bebas memasukin bola ke dalam gawang Burundi untuk keunggulan 1-0 timnas Indonesia.

Baca Juga: Shin Tae-yong Kecewa FIFA Batalkan Drawing Piala Dunia U-20

Tak tinggal diam, Burundi lantas bermain menekan lini pertahanan skuat Garuda untuk dapat menyamakan kedudukan.

Timnas Burundi akhirnya mampu menyamakan kedudukan 1-1 di menit ke-80 lewat gol yang diciptakan oleh Saido Berahino usai menyambut umpan Christophe.

Sepuluh menit berselang, skuat Garuda kembali kebobolan 2-1 lewat gol yang diciptakan oleh Pacifique usai menanduk si kulit bundar yang tak mampu diamankan dengan baik oleh kiper Indonesia, Syahrul.

Akan tetapi, menjelang waktu babak kedua berakhir, Jordi Amat menciptakan gol penyelamat untuk Indonesia dari kekalahan.

Memanfaatkan umpan matang dari Marc Klok, Jordi Amat melakukan sundulan yang membuat kiper Burundi kembali memungut bola dari dalam gawangnya.

Gol Jordi Amat sekaligus menjadi gol terakhir yang tercipta di pertandingan ini dengan kedudukan imbang 2-2.

Editor


Komentar
Banner
Banner