Ikan Shisamo

Ikan Shisamo, Ikan asal Jepang yang Tinggi Protein

Ikan shisamo jadi populer setelah dikonsumsi Rayyanza alias Cipung, anak Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.

Featured-Image
Ikan Shisamo Goreng. Foto: Dok. Freepik

bakabar.com, JAKARTA - Ikan shisamo jadi populer setelah dikonsumsi Rayyanza alias Cipung, anak Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.

Ikan shisamo berasal dari laut Hokkaido, Jepang. Ikan ini berukuran mungil, tapi kaya nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Beberapa bulan lalu publik sempat dibuat penasaran oleh ikan shisamo, yang dikonsumsi oleh Cipung, anak bungsu Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.

Pada video yang beredar di internet, Rayyanza terlihat lahap memakan ikan yang diolah secara goreng tepung, banyak warganet bertanya mengenai jenis dan rasa dari ikan yang terlihat mirip ikan asin.

Ikan Shisamo atau Capelin dalam bahasa latin Spirinchus Lanceolatus atau Shishamo Smelt, adalah ikan dengan ukuran 12 hingga 18 cm, biasa ditemukan di laut Hokkaido, Jepang.

Ikan Shisamo Goreng - bakabar.com
Ikan Shisamo Goreng. Foto: Dok. Freepik

Keunikan ikan ini berada pada teksturnya, alih-alih berlimpah daging, kuliner ikan ini memiliki banyak telur di perutnya yang membuatnya kaya akan protein.

Baca Juga: Kopi Luwak Indonesia Masuk dalam Makanan Termahal di Dunia

Adapun cara mengolah ikan ini yang paling terkenal adalah dengan goreng kering. Shishamo ini juga bisa dimakan secara utuh, karena teksturnya yang lembut dan garing saat dimasak. Namun warga Jepang biasa makan ikan ini secara mentah.

Ikan ini termasuk kategori langka. Ikan ini sulit ditangkap karena rutin bermigrasi. Namun saat ini ikan Shishamo tengah dibudidayakan oleh masyarakat Jepang karena minat pembeli yang besar.

Kebaikan dan Manfaat Ikan Shishamo

Dilansir dari OrganicFact, Ikan ini merupakan sumber utama Pospor, Vitamin B12, Vitamin B dan minyak ikan Omega-3, memilki kandungan Zinc, Magnesium dan Kalsium yang cukup tinggi. Ikan ini memiliki kalori dan lemak yang rendah, jadi sangat baik untuk diet.

Adapun beberapa manfaat dari ikan Shishamo ini sangat bagus untuk menjaga kesehatan rambut, merevitalisasi kulit, sumber energi, menjaga kekuatan tulang dan masih banyak lagi.

Sumber Energi

Salah satu kandungan terpenting dalam tubuh adalah Fosfor, elemen penting yang dapat mengubah nutrisi menjadi energi. Satu porsi ikan Shisamo mengandung 20 persen nutrisi harian dalam tubuh.

Kekurangan Fosfor akan menyebabkan anemia, kelemahan otot, nyeri tulang, dan masih banyak lagi.

Skincare alami

Vitamin B sangat penting dalam metabolisme tubuh, hal tersebut penyumbang terbanyak pertumbuhan dan revitalisasi kulit.

Selain asam lemak Omega-3 yang dapat mengurangi peradangan pada kulit, ikan ini juga kaya akan selenium. Ini adalah mineral antioksidan yang dapat memperbaiki kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

Menyehatkan rambut

Rajin mengonsumsi ikan Shisamo dapat menjaga dan meningkatkan vitamin dan mineral agar rambut terlihat sehat. Lemak Omega-3 juga bagus untuk meningkatkan kilau rambut, serta menjaga kesehatan kulit kepala guna mencegah ketombe.

Menjaga kolestrol tubuh

Ikan Shisamo memiliki lemak Omega-3 yang sangat tinggi, yang dapat menyeimbangkan kolestrol dan kesehatan jantung, dengan membersihkan darah yang berada dalam arteri.

Mencegah Osteoporosis

Bertambahnya usia, maka kepadatan tulang mulai menurun. Salah satu cara meningkatkan kesehatan tulang dan membantu mengurangi osteoporosis adalah dengan mengonsumsi ikan.

Ikan Shisamo mengandung bermacam mineral, termasuk magnesium, posfor, kalsium dan zinc, yang mana kandungan tersebut baik untuk kesehatan tubuh dan tulang.

Membuat tidur lebih nyenyak

Dengan magnesiaum yang cukup tinggi, ikan ini dapat membuat tidur lebih lelap. Magnesium dapat mengubah trytophan ke serotin, sebuah zat yang dapat membuat tubuh relax dan membuat tidur malam lebih lelap.

Itulah beberapa manfaat Ikan Shishamo, ikan ini dapat dibeli melalui online, dengan rentang harga antara 50ribu hingga 100ribu rupiah.

Walau harga ikan Shisamo cukup mahal, namun sebanding dengan kebaikan yang diberikan ikan tersebut. Dengan memakan seporsi ikan Shisamo dapat memenuhi 20% kebutuhan nutrisi tubuh harian.

Editor


Komentar
Banner
Banner