Peristiwa & Hukum

Hujan Tak Kunjung Reda, BPBD HST Minta Warga Siaga

Hujan dengan intensitas sedang mengguyur HST sekitar pukul 11.00 Wita dan menyebabkan beberapa wilayah terendam banjir.

Featured-Image
Jalan di Desa Aluan Besar, Kecamatan Batu Benawa, HST terendam air. Foto-Dok BPBD HST

bakabar.com, BARABAI - Hingga malam, hujan intensitas ringan masih melanda sebagian wilayah di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kamis (7/12/23).

Menurut pantauan bakabar.com, hujan dengan intensitas sedang mulai mengguyur HST sekitar pukul 11.00 Wita dan menyebabkan beberapa wilayah dataran rendah terendam air akibat debit sungai yang meningkat.

Selain itu, satu jembatan penghubung RT 02 dan RT 03 di Desa Alat, Kecamatan Hantakan putus dan hanyut terseret arus sungai.

"Saat ini untuk sungai di daerah pegunungan, debit airnya sudah mengalami penurunan," jelas Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) HST, H Ahmad Apandi.

Ia mengatakan, jika debit air di pegunungan berkurang, maka air akan turun ke Kota Barabai. Diperkirakan sampai di wilayah Kota Barabai pada pukul 21.00 Wita.

"Kepada seluruh warga Barabai dan sekitarnya, terkhusus yang bertempat tinggal di bantaran sungai, dataran rendah dan rawan banjir agar waspada. Mengingat ada kenaikan debit air di wilayah pegunungan," imbaunya.

Ia mengatakan pihaknya juga sudah memberi imbauan di sosial media untuk seluruh masyarakat HST agar menyiapkan diri dan terus waspada jika terjadi banjir.

"Intinya kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak panik. Terus pantau keadaan di sekitar dan jika sekiranya memerlukan bantuan silakan menghubungi Posdalop BPBD HST," tandasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner