Peristiwa & Hukum

Hujan Sejak Dini hari, Dua Desa di Tapin Kebanjiran

Akibat hujan sejak dini hari di sejumlah titik di Kabupaten Tapin mengakibatkan dua Desa terdampak banjir, Sabtu (13/1).

Featured-Image
BPBD Tapin dan personil Koramil dibantu warga setempat saat mengevaluasi warga terdampak banjir di Desa Lawahan. Foto - Pusdalops BPBD Tapin.

bakabar.com, RANTAU - Dua desa di Kabupaten Tapin kebanjiran usai diterpa hujan sejak Sabtu (13/1) dini hari tadi.

Dua desa itu masing-masing Desa Lawahan Pasar, Kecamatan Tapin Selatan dan Desa Pandulangan Kecamatan Tapin Tengah.

Operatos Pusdalops PB BPBD Tapin, Najmi Fadhilah untuk ketinggian air dan warga yang terdampak banjir bervariasi.

"Di Desa Lawahan Pasar RT 3 warga yang terdampak ada 26 KK 78 jiwa, sedangkan RT 4 ada 13 KK 39 Jiwa terdampak. Ketinggian air ± 30 - 40 Cm," jelas Operator Pusdalops-PB BPBD Tapin, Najmi Fadhilah.

Sementara itu, ketinggian air di Desa Pandulangan RT 6 Kecamatan Tapin Tengah mencapai 50 - 60 cm. Tercatat, 24 KK atau sebanyak 72 jiwa warga terdampak.

Saat ini personel Pusdalops, Satgas, TRC, Polsek Tapin Selatan, hingga anggota Koramil setempat sudah berada di lokasi untuk mendata dan membantu evakuasi warga.

Najmi mengungkapkan, hujan sejak dini hari tadi membuat, sungai yang terdapat di sana meluap.

"Intensitas hujan lebat yang terjadi sejak dinihari menyebabkan sungai meluap dan tidak mampu menampung volume air. Sehingga warga saat ini tidak bisa beraktivitas memasak dan lainnya seperti biasa," ujarnya.

Tidak terdapat korban jiwa dari peristiwa ini. Informasi diterima terakhir hingga saat ini di lokasi tersebut masih hujan gerimis.

Baca Juga: Speedboat Rombongan Puskesmas Margasari Tapin Terbakar, Kerugian Ditaksir Ratusan Juta

Editor


Komentar
Banner
Banner