Platform Metaverse

HPM Hadirkan Honda MetaWorld, Goda Gen Z Beli Mobil sembari Main Game

PT Honda Prospect Motor baru saja menghadirkan sebuah platform dunia virtual atau metaverse bernama Honda MetaWorld.

Featured-Image
HPM mengenalkan dunia virtual atau metaverse bernama Honda Metaworld. Foto: dok. HPM

bakabar.com, JAKARTA – PT Honda Prospect Motor baru saja menghadirkan sebuah platform dunia virtual atau metaverse bernama Honda MetaWorld.

Berkolaborasi dengan PT Telkom Indonesia Tbk, Honda MetaWorld dikembangkan agar konsumen dapat saling terhubung dan berinteraksi selayaknya di dunia nyata.

Kolaborasi ini merupakan bagian dari platform metaNesia yang dikembangkan Telkom sebagai metaverse pertama dan terbesar di Indonesia.

Public Relations & Digital Strategy Senior Manager HPM, Yulian Karfili mengatakan, Honda MetaWorld hadir sebagai salah satu inovasi untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi.

"Teknologi ini dapat mendekatkan diri dengan masyarakat, terutama kalangan Gen Z, generasi yang lahir di era digital," ujarnya saat jumpa pers secara daring, Rabu (8/2).

Baca Juga: Jelang F1 2023, Honda Dukung Kemitraan Teknis dengan Red Bull Group

Sementara itu, Product Manager Telkom Indonesia, David Cuh Sihotang mengatakan kolaborasi ini merupakan komitmen dalam penerapan teknologi baru untuk mendukung aktivitas ekonomi kreatif.

"Hadirnya MetaWorld diharapkan bisa meningkatkan minat masyarakat terhadap produk Honda dan bisa adaptasi pada teknologi baru seperti metaverse," ujarnya.

Sebelumnya Honda pertama kali hadir di metaNesia pada 2022 lalu, yang tercatat sebagai APM pertama di Indonesia di metaverse.

Namun, tahun ini berbeda dengan konsep showroom mobil yang dihadirkan pada dunia virtual Honda pada 2022.

Baca Juga: Honda Buka Dealer Pertama di Lahat Sumsel dengan Fasilitas 3S

Honda MetaWorld saat ini menampilkan konsep kota dengan area permainan yang 60 kali lebih besar dibanding versi sebelumnya.

Selain itu, fiturnya juga lebih atraktif, teknologi lebih interaktif, dengan lebih banyak hiburan serta aktivitas di dalamnya.

Area yang bisa dieksplorasi mulai dari Brio Skate Park, Virtual Stage, Residential Area, Urban Area, dan Test Drive Area mengendarai mobil terbaru Honda WR-V secara virtual.

Avatar yang menjadi representasi virtual para pengunjung di Honda MetaWorld kini dibuat lebih interaktif dengan teknologi Mic and Chat.

Baca Juga: Honda Manfaatkan Teknologi VR untuk Kembangkan Mobil Terbaru di AS

Pengunjung bisa memilih gestur dan ekspresi yang lebih bervariasi, serta fitur selfie di mana pengunjung bisa menyimpan foto avatar mereka di berbagai area.

Honda juga berencana menggelar berbagai aktivitas dan permainan seperti kumpul komunitas dan talkshow virtual, kompetisi balap dan masih banyak lagi.

Tentunya, para pengunjung juga dapat melihat produk Honda dengan informasi interaktif, melihat eksterior dan interior mobil, dan mengunjungi website serta media sosial.

Untuk mengakses Honda MetaWorld, pengunjung dapat mengunduh aplikasi metaNesia di website honda-indonesia.com atau Google Play.

Selain metaverse, Honda telah sediakan aplikasi game Brio Virtual Drift Challenge, Virtual Modification, dan Honda Racing Simulator Championship.

Baca Juga: Dealer Baru Honda di Pohuwato Gorontalo Layani Servis dan Spare Partw

Gen Z Segmen Pembeli Honda

Adapun alasan HPM merancang MetaWorld lantaran penggunanya kebanyakan Gen-Z yang memiliki karakteristik sangat terbuka dan cepat beradaptasi dengan perkembangan teknologi digital.

Bagi Honda, segmen ini juga merupakan salah satu bagian terbesar dari segmen pembeli mobil pertama (first time buyers) saat ini dan di masa depan.

Hal tersebut terlihat dari data penjualan mobil Honda di Indonesia dari 2021 hingga 2022, yang diraih Brio dengan capaian sekitar 50% dari total penjualan.

Honda Brio merupakan model yang ditujukan untuk kalangan anak muda dan sebanyak 70% dari total konsumennya merupakan pembeli mobil pertama.

Editor
Komentar
Banner
Banner