News

Helikopter Polri Jatuh di Perairan Manggar, Berikut Kronologi dan Identitas Korban

Helikopter Polri P-1103 jatuh di perairan Manggar, Kepulauan Bangka Belitung, setelah bertolak dari Pangkalan Bun, Minggu (27/11).

Featured-Image
Helikopter P-1103 Polri yang dinyatakan jatuh di sekitar perairan Manggar, Kepulauan Bangka Belitung, Minggu (27/11). Foto: Suara Merdeka

bakabar.com, JAKARTA - Sebuah helikopter Ditpoludara Baharkam Polri P-1103 jatuh di perairan Manggar, Kepulauan Bangka Belitung, setelah bertolak dari Pangkalan Bun, Minggu (27/11). Dari total 4 kru, seorang di antaranya berhasil ditemukan.

Diketahui bersama sebuah helikopter lain berkode P-1113, P-1103 tiba di Pangkalan Bun dari Palangka Raya sekitar pukul 11.00 WIB.

Tak lama kemudian, kedua helikopter diizinkan melanjutkan perjalanan menuju Tanjung Pandan di Belitung. Namun sekitar pukul 13.45 WIB sebelum tiba di tujuan, helikopter melewati cuaca buruk.

Kapten pilot helikopter P-1113 mengambil keputusan untuk naik ke ketinggian 5.000 kaki. Sementara kapten pilot helikopter P-1103 mengambil keputusan untuk turun menuju ketinggian 3.500 kaki.

Kemudian pukul 14.00 WIB, kapten pilot helikopter P-1113 berusaha memanggil kru helikopter P-1103 melalui frekuensi radio. Namun tidak ada jawaban, hingga helikopter P-1113 landing di Bandara Tanjung Pandan pukul 14.24 WIB.

Selanjutnya pilot helikopter P-1113 melapor kepada Subdit Patroli Udara, lalu diteruskan ke Kasidawil Subdit Patroli Poludara dan Dirpoludara.

Setelah beberapa jam hilang, seorang kru helikopter ditemukan meninggal oleh nelayan di perairan Manggar. Korban diidentifikasi bernama Bripda Khoirul Anam.

"Telah diidentifikasi seorang korban bernama Bripda Khoirul Anam," papar Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan, seperti dilansir Detik, Senin (28/11).

"Untuk selanjutnya fokus pencarian diarahkan di perairan Manggar. Pencarian dilakukan SAR Pol Airud, Basarnas , TNI AU dan Polda Babel," imbuhya.

Dengan demikian, kru yang masih dalam pencarian adalah pilot pertama AKP Arif Rahman Saleh, kopilot pelaksana lanjutan Briptu Moch Lasminto, dan teknisi pelaksana Bripka Joko Mudo.

Sedangkan Bripda Khoirul Anam tercatat bertugas sebagai teknisi pelaksana di Ditpoludara Baharkam Polri.

Adapun dugaan penyebab kejadian tersebut adalah cuaca buruk di atas perairan Manggar, "Dapat disimpulkan P-1103 jatuh karena cuaca di perairan Manggar," tandas Ramadhan.

Editor


Komentar
Banner
Banner