Penemu WiFi

Hedy Lamarr, Aktris Hollywood Sekaligus Penemu Teknologi WiFi

Pernah terpikir siapa penemu WiFi? Siapa sangka penemunya adalah seorang aktris rupawan yang cemerlang dalam penemuannya.

Featured-Image
Hedy Lamarr. Foto: pinterest

bakabar.com, JAKARTA – Pernah terpikir siapa penemu WiFi? Siapa sangka penemunya adalah seorang aktris rupawan yang cemerlang dalam karirnya.

Hedy Lamarr adalah seorang aktris dan penemu asal Austria-Amerika yang lahir pada tanggal 9 November 1914 dengan nama Hedwig Eva Maria Kiesler. Ia dikenal karena perannya sebagai aktris pada era keemasan Hollywood pada tahun 1930-an hingga 1950-an.

Hedy Lamarr
Hedy Lamarr merupakan aktris emas dalam kejayaan Hollywood tahun 1930-1950. Foto: Wikimedia Commons


Ia memulai debutnya dalam film berbahasa Jerman pada tahun 1930, dan kemudian meraih ketenaran internasional setelah membintangi film "Ecstasy" (1933). Hedy dikenal karena kecantikannya dan kemampuannya berperan dalam berbagai genre film, termasuk drama, romansa, dan petualangan. Beberapa film terkenalnya antara lain "Algiers" (1938), "Ziegfeld Girl" (1941), "Boom Town" (1940), dan "Samson and Delilah" (1949).

Hedy juga memperoleh penghargaan Bambi Award (1969) dan Hollywood Walk of Fame (1960).

Baca Juga: iPhone Tak Bisa Terhubung ke WiFi, Lakukan Trik Berikut Ini

Peran Hedy Lamarr sebagai Delilah dalam film Samson & Delilah. Foto: pinterest
Peran Hedy Lamarr sebagai Delilah dalam film Samson & Delilah. Foto: pinterest

Dalam kehidupan pribadinya, Hedy Lamarr menikah dan bercerai sebanyak enam kali. Ia memiliki tiga anak dari pernikahannya yang ke-3 dengan penemu Austria Friedrich Mandl. Pada tahun 1938, Hedy Lamarr meninggalkan sang suami dan melarikan diri ke Amerika Serikat untuk melanjutkan kariernya di Hollywood.
Penghargaan Hollywood Walk of Fame untuk Hedy Lamarr. Foto: obsessivecoffeedisorder.com
Penghargaan Hollywood Walk of Fame untuk Hedy Lamarr. Foto: obsessivecoffeedisorder.com

Penemuannya dalam sistem komunikasi nirkabel

Bukan hanya mahir dalam dunia hiburan, Hedy Lamarr memiliki peran penting dalam dunia teknologi sebagai seorang penemu. Selama masa Perang Dunia II, bersama dengan George Antheil, ia menciptakan sistem komunikasi nirkabel yang kemudian menjadi cikal bakal teknologi yang digunakan dalam telepon seluler dan Wi-Fi.

Penemuan tersebut dikenal dengan nama "Frequency Hopping Spread Spectrum" (FHSS), yang bekerja dengan cara mengalihkan frekuensi sinyal secara otomatis sehingga menjadi sulit dipecahkan oleh musuh.

Catalan atas penemuan Hedy Lamarr. Foto: Wikimedia Commons
Catalan atas penemuan Hedy Lamarr. Foto: obsessivecoffedisorder.com


Meskipun pada saat itu penemuan tersebut kurang diakui, teknologi FHSS yang mereka kembangkan menjadi dasar untuk berbagai aplikasi nirkabel yang digunakan sekarang, seperti telepon seluler, WiFi, dan Bluetooth.

Baca Juga: Info Lengkap Sejarah, Cara Akses dan Titik Penyebaran Jakwifi di DKI

Pengakuan atas kontribusi Hedy Lamarr terhadap teknologi datang jauh setelah masa hidupnya. Pada tahun 1997, ia dianugerahi Electronic Frontier Foundation Pioneer Award bersama dengan George Antheil untuk penemuan mereka di bidang teknologi. Penghargaan ini memperlihatkan betapa pentingnya kontribusi Lamarr dan Antheil terhadap dunia nirkabel. 

George Antheil (kedua dari kanan) dan Hedy Lamarr (ketiga dari kiri). Foto: nytimes
George Antheil (kedua dari kanan) dan Hedy Lamarr (ketiga dari kiri). Foto: nytimes

Meskipun karier penemuan teknologi Lamarr tidak terlalu dikenal selama hidupnya, namun ia meninggalkan warisan penting dalam perkembangan teknologi nirkabel yang kita nikmati hingga saat ini.
Makam nisan Hedy Lamarr. Foto: yourdailydish.com
Makam nisan Hedy Lamarr. Foto: yourdailydish.com


Hedy Lamarr meninggal dunia pada tanggal 19 Januari 2000 di Casselberry, Florida, Amerika Serikat, namun perannya sebagai seorang aktris dan penemu akan tetap diingat dan dihargai hingga saat ini.
Editor


Komentar
Banner
Banner