Nasional

Heboh SMS Blast Gempa M 8,5 Peringatan Tsunami, Begini Penjelasan BMKG

apahabar.com, BANJARMASIN – Mendadak Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menduduki jajaran trending topik di media…

Featured-Image
FOTO: Ilustrasi. Foto-net

bakabar.com, BANJARMASIN – Mendadak Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menduduki jajaran trending topik di media sosial Twitter pada Kamis (27/5) pagi.

Pasalnya, sempat beredar pesan singkat dari Kominfo BMKG berisikan peringatan dini tsunami untuk kawasan Jawa Timur, NTB, Bali, NTT, hingga Jawa Tengah.

Dilansir dari laman resmi bmkg.go.id, BMKG memastikan bahwa pesan tersebut murni kesalahan sistem.

“BMKG menyatakan bahwa informasi tersebut tidak benar, karena telah terjadi kesalahan pada sistem pengiriman informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami yang melalui kanal SMS,” keterangan dalam press release di laman bmkg.go.id, Kamis (27/5).

“BMKG dan Kominfo telah merespon secara cepat dengan melakukan klarifikasi terhadap sistem pengirim informasi yang salah tersebut, melalui saluran/kanal komunikasi yang sama, SMS BMKG-Kominfo,” lanjut keterangan dalam press release tersebut.

Bahkan, BMKG dan Kominfo menegaskan informasi dalam pesan tersebut bukan prediksi gempa yang akan terjadi dalam waktu dekat.

“Informasi yang tersebar tersebut juga bukan merupakan prediksi gempa yang akan terjadi dalam waktu dekat, karena hingga saat ini belum ada satu pun teknologi di dunia yang mampu memprediksi dengan tepat dan akurat kapan, di mana, dan berapa besar kekuatan gempa akan terjadi,” lanjut press release itu.

Sebelumnya, tangkapan layar pesan singkat berisi peringatan gempa ini diunggah oleh sejumlah warga net di Twitter.

“Peringatan Dini Tsunami di JATIM, NTB, BALI, NTT, JATENG, Gempa Mag: 8,5, 04-Jun-21 10:14:45 WIB, Lok: 10.50 LS, 114.80 BT, Kdlmn: 10 Km :: BMKG,” tulis pesan yang dikirim oleh Kominfo BMKG seperti dilihat bakabar.com, Kamis (27/5).



Komentar
Banner
Banner