Tak Berkategori

Heboh Orangutan Masuk Pemukiman, Warga Paser Sigap Beri Pertolongan

apahabar.com, PASER – Masyarakat Kabupaten Paser baru-baru ini dihebohkan dengan kemunculan orangutan ke pemukiman warga di…

Featured-Image
Kondisi orangutan yang masuk ke pemukiman warga nampak lemah, warga pun memberi makanan sebagai penanganan awal. Foto-Istimewa

bakabar.com, PASER – Masyarakat Kabupaten Paser baru-baru ini dihebohkan dengan kemunculan orangutan ke pemukiman warga di Desa Lusan, Kecamatan Muara Koman, Senin lalu (7/6). Kemunculan orangutan betina ini lantas menghebohkan publik Indonesia.

Orangutan yang datang ke pemukiman warga itu diduga sedang kelaparan lantaran tak menemukan makanan di dalam hutan tempat habitatnya. Alhasil warga pun memberikan pertolongan dadakan yakni memberikan makanan.

“Muncul dadakan, istri saya yang lihat pertama kok ada monyet besar. Kami langsung tutup pintu dan lari keluar rumah,” kata Kepala Desa Lusan, Irham.

Tak lama kemudian setelah dilaporkan, datang petugas dari Kapolsek, Babinsa, Babinkamtibmas, serta Camat ke lokasi tersebut. Kondisi orangutan memang terlihat lemas dan kelaparan, namun ia tidak agresif alias jinak.

“Kami tahu kalau ini hewan dilindungi, makanya sama warga dikasih makan, karena kelaparan dia,” ujarnya.

Diduga hewan tersebut kabur dari penangkaran atau hutan lantaran warga sekitar tidak ada yang memeliharanya. Warga pun telah melapor kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) dan dokter hewan untuk memeriksa kondisi kesehatan orangutan tersebut.

Diketahui orangutan berusia di atas 15 tahun ini akan direhab di Borneo Orangutan Surviv Foundation (BOSF) di Samboja.



Komentar
Banner
Banner