Sport

Hasil Piala Menpora 2021: Buang Keunggulan Lawan Persik, Madura United Terancam Gagal Lolos

apahabar.com, BANDUNG – Harapan Madura United ke perempat final terbilang tipis, menyusul kekalahan dari Persik Kediri,…

Featured-Image
Bek Persik Kediri, Andri Ibo, berusaha melakukan tekel dalam pertandingan kontra Madura United di Grup C Piala Menpora 2021. Foto: Liga Indonesia Baru

bakabar.com, BANDUNG – Harapan Madura United ke perempat final terbilang tipis, menyusul kekalahan dari Persik Kediri, Sabtu (3/4).

Pertandingan lanjutan Grup C Piala Menpora 2021 ini berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat Bandung. Madura United mengambil inisiatif menyerang di menit-menit awal.

Namun lini belakang Persik Kediri cukup disiplin menjaga kawasan, sembari sesekali menebar ancaman lewat serangan balik.

Seperti di menit 19, Persik memiliki peluang melalui umpan Septian Bagaskara yang menemui Krisna Bayu. Nanun upaya ini gagal berbuah gol, karena sepakan Krisna Bayu masih melambung.

Gantian Madura yang mengancam di menit 22, ketika Beto Goncalves bisa melepas sundulan dari dalam kotak penalti. Hanya sundulan Beto masih mudah diamankan kiper Dian Agus Prasetyo.

Setelah cooling break, Madura memiliki peluang emas untuk mencetak gol. Bermula dari sepak pojok Jaja, tangkapan Dian Agus tidak lengket dan bola bergulir ke gawang.

Persik selamat dari kebobolan, karena Dani Saputra masih bisa menghalau si kulit bundar, sebelum melintasi garis gawang.

Menjelang turun minum, Bruno Lopes sempat membobol gawang Persik. Namun gol dianulir, karena mantan pemain Persija Jakarta tersebut offside.

Memasuki babak kedua, kedua klub melakukan pergantian pemain. Pelatih Madura United, Rahmad Darmawan, memasukkan Bayu Gatra dan Andik Rendika Rama menggantikan Samuel Cristianson dan Kadek Raditya.

Sementara pelatih Persik Kediri, Joko Susilo, menarik Bayu Otto dan Yusuf Meilana Fuad Burhani. Joko memainkan Antoni Putro Nugroho dan Hariyanto Panto.

Kehadiran Bayu Gatra cukup meningkatkan serangan Madura United. Beberapa kali pergerakan Bayu merepotkan lini pertahanan Persik.

Akhirnya di menit 50, Madura United berhasil mencetak gol melalui tendangan penalti Alberto Goncalves alias Beto.

Penalti itu disebabkan pelanggaran Muhammad Fisabillah terhadap Bruno Lopes, ketika berusaha menerima umpan silang Bayu Gatra.

Tak lama kemudian, Madura United nyaris menyamakan kedudukan. Bayu Gatra mengirimkan umpan silang ke tengah, tapi gagal diselesaikan Slamet Nurcahyono dengan baik.

Justru Persik Kediri mencetak gol balasan, juga melalui tendangan penalti di menit 70 yang dieksekusi Andri Ibo.

Persik mendapat hadiah tendangan penalti, setelah Marcko Sandi melakukan pelanggaran terhadap pemain pengganti Faris Aditama.

10 menit menjelang bubaran, Persik berhasil mencetak gol kedua melalui Antoni Putro Nugroho dengan tendangan langsung dari dalam kotak penalti.

Antoni bergerak menusuk pertahanan Madura United dari kanan, setelah mendapat umpan terobosan dari Hariyanto Panto.

Meski kemudian Madura United bermain ngotot, Persik lebih disiplin dalam mengamankan lini pertahanan guna mempertahankan keunggulan.

Ini merupakan kemenangan perdana Persik Kediri di Piala Menpora 2021, setelah menelan dua kekalahan beruntun.

Mereka menyisakan satu pertandingan terakhir melawan Persela Lamongan, Rabu (7/4), sekaligus menjaga kesempatan lolos ke perempat final.

Sementara situasi Madura United terbilang sulit. Akibat kekalahan di partai terakhir ini, Laskar Sape Kerab hanya mengumpulkan 4 poin. Akibatnya peluang lolos ke perempat final cukup tipis.



Komentar
Banner
Banner