Sport

Hasil MotoGP Aragon 2022: Comeback Marc Marquez Menelan Dua Korban dan Selisih Puncak Klasemen Menipis

apahabar.com, JAKARTA -MotoGP Aragon 2022 menjadi ajang comeback pembalap andalan Repsol Honda Marc Marquez. Sayangnya balapan…

Featured-Image
Marc Marquez / @MotoGp

bakabar.com, JAKARTA -MotoGP Aragon 2022 menjadi ajang comeback pembalap andalan Repsol Honda Marc Marquez. Sayangnya balapan yang digelar pada hari Minggu (18/9), di Sirkuit MotorLand Aragon, Spanyol itu tidak seindah yang diharapkannya.

Tidak hanya itu, persaingan antara Fabio Quartararo dan Fransesco Bagnaia dalam perebutan posisi puncak klasemen sementara MotoGP musim 2022 kian memanas.

Jalannya Balapan

Drama langsung tersaji pada lap pertama di tikungan ketiga. Pemimpin klasemen sementara, Fabio Quartararo mengalami crash akibat bertabrakan dengan bagian belakang motor Marc Marquez.

Tidak lama berselang, tepatnya pada tikungan kedelapan, Marquez kembali memakan korban.

Motor dari Marquez nampak bersenggolan dengan Takaaki Nakagami sehingga membuat pembalap asal Jepang itu terjatuh ditengah trek.

Akibat dari insiden itu membuat motor yang dikendarai Marquez mengeluarkan asap dan membuatnya memutuskan untuk kembali ke paddock.

Pembalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia menyelesaikan balapan di urutan kedua di belakang Enea Bastianini (Gresini Racing) serta diikuti oleh Aleix Espargaro (Aprilia Racing) di posisi ketiga.

Insiden Marc Marquez Akibat Kesalahan Teknis

Marc Marquez ikut angkat bicara terkait insiden yang dialami oleh dirinya yang juga melibatkan Fabio Quartararo dan Takaaki Nakagami.

"Start-nya sangat bagus, aku memainkan tikungan pertama dari luar dan berhasil, tikungan 3 jadi awalnya, dengan ban belakang, Bastianini dan Aleix sempat sedikit melintir di depanku, aku juga mengalaminya dan itu seperti efek akordion," ungkap Marquez.

"Itulah di mana aku crash dengan Fabio, yang sangat wajar berada dekat denganku karena lap pertama balapan, dan aku juga tak punya waktu untuk bereaksi, kuharap dia baik saja," tambahnya.

Saat insiden pertama, ada bagian bodi motor Quartararo yang nyangkut di bagian undertail motor Marquez sehingga membuatnya mengalami masalah teknis.

"Selanjutnya seolah baik saja, di tikungan 5 aku sadar ada yang aneh dan beberapa pembalap melewatiku, lalu aku memasukkan gigi dan tak ada apa-apa," tukasnya.

"Lalu usai tikungan 7 aku memainkan holeshot dan motorku membanting ke Nakagami, kuharap dia baik-baik saja juga. Saat itu ban belakangku hampir terkunci, dan ketika terkunci aku sadar ada fairing Fabio nyangkut di sana," beber Marquez.

Setelah insiden tersebut, Marquez pun mengaku sudah minta maaf ke Fabio Quartararo dan Takaaki Nakagami.

Hasil Sementara Klasemen MotoGP

Dengan hasil MotoGP Aragon 2022, Bastianini mendapatkan poin maksimal 25 poin, sementara Pecco berhasil meraih 20 poin.

Tambahan poin tersebut tidak mengubah posisi pemuncak klasemen saat ini yang masih dipegang oleh Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha).

Meski begitu, selisih poin antara Quartararo dan Pecco menjadi hanya terpaut 10 poin saja.

Berikut klasemen sementara MotoGp 2022

  1. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP): 211 poin
  2. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team): 201 poin
  3. Aleix Espargaro (Aprilia Racing): 194 poin
  4. Enea Bastianini (Gresini Racing MotoGP): 163 poin
  5. Jack Miller (Ducati Lenovo Team): 134 poin
  6. Johann Zarco (Prima Pramac Racing): 133 poin
  7. Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing): 128 poin
  8. Maverick Vinales (Aprilia Racing): 114 poin
  9. Alex Rins (Team Suzuki Ecstar): 108 poin
  10. Miguel Oliveira (Red Bull KTM Factory Racing): 96 poin


Komentar
Banner
Banner