Pemkab Kapuas

Hari Kanker Sedunia, Dinkes Kapuas Gelar Pemeriksaan IVA dan Sadanis

Dalam rangka peringatan hari kanker se dunia tahun 2023, Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, Kalteng menggelar pemeriksanaan IVA dan Sadanis secara gratis, Selasa

Featured-Image
Kegiatan pemeriksaan IVA dan Sadanis di UPT Puskesmas Basarang, Kapuas. Foto-Irfansyah

bakabar.com, KUALA KAPUAS - Dalam rangka peringatan hari kanker sedunia tahun 2023, Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, Kalteng, menggelar pemeriksanaan IVA dan Sadanis secara gratis, Selasa (14/2).

Kegiatan screening kanker leher rahim dan kanker payudara yang berlangsung di UPT Puskesmas Basarang itu dibuka secara resmi oleh Plt Kepala Dinas Kesehatan Kapuas dr Tonun Irawaty Penjaitan dan dihadiri camat setempat.

Pemeriksaan IVA dan Sadanis secara gratis itu diikuti 38 orang yang terdiri dari para ibu-ibu di wilayah Kecamatan Basarang.

Baca Juga: Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Kapuas Resmi Dimulai

"Hasilnya tadi, alhamduliah semuanya negatif," kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Kapuas dr Tonun Irawaty Panjaitan.

"Itu menandakan bahwa wanita-wanita yang ada di Kecamatan Basarang bisa dibilang sehat dan tidak ada terindikasi untuk kanker leher rahim," imbuhnya.

Baca Juga: RSUD Balangan Ultah ke-14, Bupati Abdul Hadi Sebut Pelayanan Kesehatan Meningkat

Dokter Tonun pun mengimbau kepada para wanita di Kapuas untuk memeriksakan IVA dan Sadanis. Karena untuk pemeriksaan dilalukan oleh dokter dan bidan terlatih.

"Jadi, tidak usah malu wanita-wanita yang sudah menikah di Kabupaten Kapuas ini untuk memeriksakan IVA dan Sadanis. Pemeriksaan di puskesmas kita lakukan secara gratis," pungkasnya. 

Editor


Komentar
Banner
Banner