Pemkab Tapin

Hari Air Sedunia Ke-32, BWS Kalimantan III Tanam Ratusan Pohon di Tapin

Dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia Ke-32, Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan III menggelar penanaman 500 pohon, Senin (4/3).

Featured-Image
Penanaman pohon oleh Gubernur Kalsel yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Provinsi Kalsel, Nurul Fazar Desira, bersama Pj Bupati Tapin, Muhammad Syarifuddin dan Kepala BWS Kalimantan III, I Putu Eddy Purna Wijaya, Senin (4/3). Foto: bakabar.com/Sandy

bakabar.com, RANTAU - Memperingati Hari Air Sedunia Ke-32, Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan III menggelar penanaman ratusan pohon di Tapin, Senin (4/3).

Hari Air Sedunia ke-32 yang sedianya jatuh 22 Maret 2024 mendatang, mengusung tema Water For Peace. Tema ini berfokus kepada kompleksitas isu air global yang dapat menciptakan perdamaian.

Menandai momen tersebut, dilakukan penanaman 500 bibit pohon dan 1.000 titik biopori di Tapin.

Penanaman secara simbolis dilakukan Gubernur Kalsel yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra, Nurul Fazar Desira, bersama Penjabat Bupati Tapin, Muhammad Syarifuddin, dan I Putu Eddy Purna Wijaya selaku Kepala BWS Kalimantan III.

"Dari 500 bibit pohon tersebut, sekitar 350 di antaranya ditanam di Taman Irigasi  Tapin. Kemudian 150 lagi di Bendungan Linuh,” jelas Putu.

Baca Juga: Rampung Dibangun, Long Storage di Batola Mulai Dihijaukan

Baca Juga: BWS Kalimantan III Pastikan Pembangunan Bendungan Riam Kiwa Sesuai Rencana

Adapun dalam peringatan Hari Air Sedunia sebelumnya, BWS Kalimantan III telah menanam sebanyak 4.444 pohon.

"Rinciannya 1.360 bibit pohon di embung Kampung Banjar, 2.351 bibit di Bendungan Tapin, 200 bibit di Embung Kebun Raya, 300 bibit di long storage Barito Kuala, dan 33 bibit pohon di Teluk Kelayan," papar Putu.

Dari ribuan bibit pohon yang ditanam, kebanyakan bibit pohon buah-buahan, "Kalau nanti sudah berbuah, masyarakat bisa memanfaatkan sekaligus memelihara," tukas Putu.

Sementara Penjabat Bupati Syarifuddin memberikan apresiasi kepada BWS Kalimantan III yang telah banyak memberikan manfaat kepada Tapin.

"Kami mengapresiasi semua yang telah dilakukan BWS Kalimantan III di Tapin. Semoga semakin banyak program lain yang bisa dilakukan di Tapin," papar Syarifudin.

Editor


Komentar
Banner
Banner