News

Harga Telur Ayam Tembus Rp30.000, Omset Pedagang Ambles Sampai 20 Persen  

apahabar.com, JAKARTA – Harga telur ayam mengalami kenaikan harga pada bulan Agustus, yang menembus Rp 30.000…

Featured-Image
Salah seorang pedagang telur di Pasar Kosambi sedang melayani pembeli. Foto: Thomas/apahabar.com

bakabar.com, JAKARTA - Harga telur ayam mengalami kenaikan harga pada bulan Agustus, yang menembus Rp 30.000 per kilogram. Kenaikan harga telur tersebut sudah berlangsung selama seminggu ini. Akibat dari kenaikan ini para pedagang telur mengalami penurunan omset hingga 20 persen.

Salah satu pedagang telur di Pasar Tradisional Kosambi, Ajo mengatakan kalau harga telur ayam mulai mengalami kenaikan sebelum tanggal 17 Agustus. Kenaikan harga telur di pasar tidak hanya terjadi pada telur ayam negeri saja namun juga untuk telur lainnya seperti telur ayam kampung dan telur burung puyuh. Menurutnya standar harga telur ayam beriksar Rp20.000 sampai Rp25.000, namun sekarang per kilogramnya bisa mencapai Rp32.000.

"Mungkin dikarenakan biaya pakan ternaknya juga tinggi, terus selain itu juga ada isu mau BBM naik udah mulai dinaikin," ungkapnya kepada bakabar.com, Kamis (25/8).

Dia juga menambahkan untuk telur ayam kampung mengalami kenaikan dari yang awalnya per butir sekitar Rp2.000 sekarang naik menjadi Rp2.500. Kemudian telur burung puyuh yang mengalami kenaikan cukup tinggi, yang semula harga berkisaran dari Rp30.000 sampai Rp35.000 per kilogram, mengalami kenaikan menjadi Rp40.000 per kilogram.

Kenaikan telur tidak hanya dialami pedagang telur di Jakarta, Wahyu salah satu pedagang telur di Pasar Rubuh Tangerang, juga merasakan kenaikan serupa. Dia mengungkapkan, menurutnya kenaikan mulai terjadi sejak seminggu yang lalu, dan dirinya juga belum bisa memperkirakan sampai kapan kenaikan ini akan berlangsung.

Menurutnya kenaikan harga ini membuat omset penjualan mengalami penurunan, dikarenakan banyak masyarakat yang akhirnya mengurangi jumlah pembelianya. Saat ini untuk telur ayam negeri mengalami kenaikan sampai Rp31.500 per kilogram dan untuk ayam kampung sudah mencapai Rp3.000.

"Ini kan lagi naik terus, kalau telur biasanya naik turun cuma ini bertahannya lama banget. Kalau harga Rp31.000 baru seminggu tapi kemarin-kemarin kan juga sempat tinggi di harga Rp29.000 yang bertahan lama juga dan sekarang tertinggi," tutupnya. (Thomas)



Komentar
Banner
Banner