Keunggulan Wuling Alvez

Harga Rp200 Jutaan dan Fitur Jadi Keunggulan Wuling Alvez Mengusik Lawannya

Wuling Alvez yang diluncurkan pada ajang IIMS 2023 hadir dalam tiga varian yakni SE, CE dan EX. Compact SUV itu dipasarkan mulai Rp209 juta.

Featured-Image
Wuling Alvez yang diluncurkan pada ajang IIMS 2023 hadir dengan tiga varian yakni SE, CE dan EX. Foto: dok. Wuling Motors

bakabar.com, JAKARTA - WulingAlvez yang diluncurkan pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 hadir dalam tiga varian yakni SE, CE dan EX. Compact SUV (Sport Utility Vehicle) kapasitas lima penumpang itu dipasarkan mulai Rp209 juta, sangat terjangkau dibanding para pesaing di kelasnya semisal Honda HR-V, Suzuki Grand Vitara, Hyundai Creta, dan Chery Omoda 5.

Brand & Marketing Director Wuling Motors, Dian Asmahani, menjelaskan strategi yang diterapkan dalam bermain di pasar kompak SUV tidak hanya mengedepankan desain dan fitur, namun menonjolkan fungsional benefit bagi konsumen dengan harga yang kompetitif.

"Secara produk segmen kami ada di pasar yang sudah mapan dan 'gemuk', tetapi akan jadi lebih luas dengan range harga yang menurut kami bisa diterima oleh lebih banyak lagi konsumen," kata Dian saat ditemui di Jakarta beberapa waktu lalu.

Wuling Alvez hadir dengan desain eksterior yang stylish, interior yang modern, serta inovasi teknologi berkendara yang semuanya ada di dalam satu produk SUV ringkas. Dengan banyaknya kelebihan yang diberikan, tak salah mobil ini menyasar mereka yang berjiwa muda, bergaya modern, dan cerdas namun dibanderol ramah di kantong.

Baca Juga: Beli Wuling Bulan Ini Ada Promo Menarik, DP Ringan dan Diskon Rp45 Juta

Berbicara tampilan eksteriornya mencerminkan sebuah SUV modern dengan gril yang membentuk huruf V warna hitam, ditambah aksen chrome yang membentang horizontal di atasnya. Sementara logo lima berlian khas Wuling berada di tengah-tengah gril.

Alves dibekali headlamp dengan teknologi LED bergaya mirip mobil-mobil Eropa. Untuk menunjang penampilan depan lebih optimal, pada bagian bumpernya terdapat lekukan garis tegas dan punya foglamp yang juga sudah LED.

Eksterior belakang Wuling Alvez. Foto: dok. Wuling Motors
Eksterior belakang Wuling Alvez. Foto: dok. Wuling Motors

Sementara pada bagian belakang eksterior Wuling Alvez terlihat minimalis, di mana desain lampunya mengikuti headlamp. Namun, pada bagian bumpernya lebih atraktif dengan gaya modern.

Kesan sporty dan tangguh terpancar berkat velg alloy two tone dengan ukuran 16 inci yang dibalut ban berprofil 205/60 R16. Aura SUV juga terlihat dengan penyematan roof rail.

Baca Juga: Intip Promo Menarik dari Merek Otomotif yang Ikut Jakarta Fair 2023

Masuk dalam segmen low SUV, dimensi Wuling Alvez cukup ringkas dengan panjang 4.350 mm, lebar 1.750 mm, tinggi 1.610 mm dan jarak sumbu roda 2.550 mm. Dimensinya mirip-mirip dengan Honda HR-V dan Hyundai Creta.

Bergeser ke dalam kabin akan disuguhkan konsep style and sophistication within reach yang tampil elegan. Hal itu terlihat dari pengoperasian AC digital, serta head unit layar sentuh berukuran 10,25 inci yang dilengkapi fitur peta navigasi, konektivitas smartphone, kamera parkir dan lainnya.

Kabin Wuling Alvez yang terlihat elegan. Foto: dok. Wuling Motors
Kabin Wuling Alvez yang terlihat elegan. Foto: dok. Wuling Motors

Alvez juga telah mengadopsi Keyless entry + engine start/stop button, Auto up/down with anti-pitch di semua jendela pintu, serta remote open window & unlock tailgate untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan pemilik mobil dan serta penumpang. Terdapat pula aksen karbon pada beberapa bagian konsol tengahnya.

Pada varian tertinggi atau EX, Wuling Alvez sudah menggunakan electric sunroof. Sedangkan pada lingkar kemudi dibenamkan beragam tombol pengaturan di sisi kiri dan kanan.

Baca Juga: Sudah Dipesan 1.700 Unit, Wuling Terus Kebut Produksi Alvez

Untuk menambah kenyamanan penumpang, tersedia cukup banyak storage dengan total 27 tempat penyimpanan barang di sejumlah titik kabin Alvez. Sementara untuk kapasitas bagasi mencapai 322 liter, namun bukan berarti bagasi Wuling Alvez sempit.

Di ruangan kabin belakang tetap cukup lega untuk SUV ringkas dengan kapasitas 5-orang. Jika menginginkan ruang bagasi yang lebih luas, kursi belakang bisa dilipat rata lantai sehingga Wuling Alvez memiliki ruang untuk barang hingga 625 liter.

Tampilan eksterior Wuling Alvez. Foto: dok. Wuling Motors
Tampilan eksterior Wuling Alvez. Foto: dok. Wuling Motors

Soal kelengkapan fiturnya, pabrikan otomotif asal China ini menyematkan Alvez dengan fitur ADAS, WIND, dan IoV seperti model yang sudah lebih dulu dipasarkan di Indonesia, yakni Wuling Almaz, Cortez, dan Wuling Air ev.

Advanced drive assistance system (ADAS) pada Alvez memiliki 10 fungsi yang dapat membantu mempermudah selama berkendara. Alhasil jadi lebih nyaman dan aman berkendara bersama Alvez. Termasuk fungsi adaptive cruise control (ACC), lane kept warning, dan sebagainya.

Baca Juga: Wuling Binggo Tebar Pesona di PEVS 2023, Begini Wujudnya

WIND atau Wuling Indonesia Voice Command, di mana teknologi ini diklaim dapat memberikan rasakan pengalaman berkendara yang lebih mudah. Jadi pengemudi bisa memberi perintah suara ke mobil menggunakan bahasa Indonesia. Diawali kalimat "Halo Wuling" dapat menjalankan perintah seperti bila ingin membuka kaca jendela, mematikan AC, dan lain-lain.

Teknologi lainnya yaitu IoV atau Internet Of Vehicle yang kemungkinan juga akan ditanamkan pada Alvez, namun bisa jadi hanya di varian tertinggi saja. Dengan adanya IoV maka pengemudi bisa memanfaatkan koneksi antara ponsel dengan mobil Wuling. kemudian mengunduh Wuling Remote Controll App atau MyWuling+, sehingga mobil dapat dikendalikan dalam genggaman.

Dengan adanya teknologi ini, maka memungkinkan pengguna mobil mampu mengontrol kendaraan dengan perintah melalui smartphone. Alhasil, teknologi ini mampu juga memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi pengguna baik dalam mempersiapkan perjalanan, selama berkendara hingga setelah berkendara.

Baca Juga: Wuling Lakukan Lokalisasi Baterai Kendaraan Listrik, Jamin Purna Jual

Wuling Alvez
Penampilan perdana Wuling Alvez di IIMS 2023. Foto: bakabar.com/Aditama

Bicara jantung pacu, pada mesin Wuling Alvez tak menggunakan turbo, namun sudah Euro 4 berkubikasi 1.485 cc naturally aspirated, inline-4 cylinder, DVVT, DOHC dikombinasikan dengan pilihan transmisi otomatis CVT untuk varian EX dan CE. Sementara Alvez terendah atau SE hanya tersedia dalam transmisi manual 6-percepatan.

Dengan mesin dan transmisi tersebut mampu menyemburkan tenaga maksimal 105 hp pada 5.800 rpm serta torsi puncak di angka 143 Nm pada putaran mesin 4.000-4.600 rpm.

Varian Wuling Alvez

Wuling Alvez hadir dengan tiga varian, yakni SE sebagai varian entry levelnya, kemudian CE dan EX untuk varian tertingginya. Ketiganya mempunyai dimensi dan menggunakan mesin yang sama. Juga sama-sama menggunakan electric power steering – Rack & Pinion, suspensi depan menggunakan McPherson Sturt, serta Torsion Beam pada suspensi belakang.

Bedanya terdapat pada sistem pengeremannya, di mana Wuling Alvez varian SE dan CE masih menggunakan cakram di roda depan dan belakang mengggunakan drum. Sedangkan untuk varian flaghsip-nya yaitu EX pengereman depan dan belakang sudah menggunakan cakram.

Varian entry level-nya atau SE juga masih mengadposi velg kaleng yang ditutup dop. Sementara pada varian CE dan EX sudah menggunakan velg alloy. Meski begitu, semua ukuran velg dan ban ketiganya sama.

Tampak samping Wuling Alvez. Foto: dok. Wuling Motors
Tampak samping Wuling Alvez. Foto: dok. Wuling Motors

Baca Juga: Perbandingan Harga Ioniq 5 dan Wuling Air ev setelah Dapat Insentif

Selain itu, pada bagian eksterior juga ada perbedaan dari 3 varian yang ditawarkan. Seperti headlamp varian SE masih menggunakan halogen, sedangkan dua varian di atasnya sudah LED. Kemudian juga untuk varian SE dan CE belum dilengkapi dengan foglamp dan DRL serta frameless wiper.

Tidak itu saja, pada varian SE dan CE juga belum menyematkan shark fin antenna dan roof rail, serta sunroof. Bahkan, untuk varian entry level-nya (SE) juga tidak dilengkapi dengan wiper belakang.

Pada bagian interior juga ada yang berbeda untuk varian SE dan CE. Seperti sarung jok tidak menggunakan kulit sintetis, AC tanpa air filter, soft touch panel dan minus power outlet di baris kedua.

Terakhir, perbedaan pada harganya. Untuk Wuling Alvez SE dibanderol sebesar Rp209 juta, sementara varian CE dijual Rp255 juta dan varian tertingginya EX dipasarkan sebesar Rp295 juta. Harga tersebut jauh di bawah para kompetitornya di segmen SUV ringkas seperti Honda HR-V yang dipasarkan dengan harga terendah Rp375,9 juta, atau Hyundai Creta yang dijual paling murah Rp291,3 juta.

Editor
Komentar
Banner
Banner