Harga Bahan Pangan

Harga Cabai Turun hingga 6 Persen Menjelang Hari Raya Idulfitri 2023

Harga cabai rawit merah dan hijau di Kota Magelang turun hingga 5 persen menjelang Lebaran 2023.

Featured-Image
Eksistensi cabai hiyung di Tapin yang mulai dilirik investor. Foto: Mata Nusantara

Apahabar.com, MAGELANG - Harga cabai rawit merah dan hijau di Kota Magelang turun hingga 5 persen menjelang Lebaran 2023. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perdagangan (Disperindag) Kota Magelang Syaiful saat ditemui bakabar.com di Ruang Adipura, Kamis 14 April 2023.

"Cabai rawit merah dari Rp 25.000 menjadi Rp23.300 sedangkan yang hijau Rp35.000 menjadi Rp31.667," tuturnya.

Menurut Syaiful, angka tersebut didapat berdasarkan data survei di 3 pasar yang ada di Kota Magelang yakni Kebonpolo, Gotong Royong dan Rejowinangun.

"Tidak bisa menyebabkan penyebabnya, tetapi dari teori ekonomi, turunnya harga biasanya terjadi akibat stok atau supply lebih banyak daripada permintaan atau demand," paparnya.

Baca Juga: Jelang Libur Lebaran, Sejumlah Hotel di Magelang Ramai Dipesan

Sementara itu, untuk cabai merah besar, menurut Syaiful turut mengalami penurunan Rp2.000 dari harga semula. "Cabai merah besar di Pasar Rejowinangun semula Rp28.000 menjadi Rp26.000, tetapi di Pasar Kebonpolo dari Rp27.000 menjadi Rp26.000," jelasnya.

Selain cabai, Syaiful menjelaskan, telur ras juga mengalami penurunan harga, dari Rp28.000 menjadi Rp26.330. Penurnan tersebut masih dianggap dalam kategori wajar.

Adapun untuk komoditas bahan pokok lain, Syaiful memastikan stok Kota Magelang masih aman alias cukup sehingga tidak perlu ada lonjakan harga maupun kelangkaan.

Baca Juga: Di Pasar Beran Ngawi, Presiden Cek Stok dan Harga Bahan Pangan

"Beras, daging, gula, minyak goreng hingga gas PLG kami pastikan stoknya aman, tidak ada kelangkaan," tegasnya.

Dengan demikian, Syaiful mengimbau masyarakat tidak perlu melakukan panic buying saat menyambut datangnya hari raya, hari kemenangan umat Islam.

Editor
Komentar
Banner
Banner