Hot Borneo

Perempuan Lokal Diminta Tingkatkan Kompetensi Diri di IKN Nusantara

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim) meminta perempuan lokal agar meningkatkan kompetensi diri di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. 

Featured-Image
Eksterior Istana Negara IKN Nusantara (@nyoman_nuarta)

bakabar.com, SAMARINDA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim) meminta perempuan lokal agar meningkatkan kompetensi diri di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. 

Kabid Kesetaraan Gender DKP3A Kaltim, Dwi Hartini bilang, hal itu dikarenakan banyaknya ASN yang berpindah ke IKN Nusantara. 

Karenanya, ia meminta perempuan lokal mampu bersaing dan memberikan kontribusi nyata dalam pembangunan IKN. Mengingat, akan terjadi persaingan antara SDM lokal dan pendatang.

"Justru ini tantangan ya, banyak kesempatan untuk bisa meningkatkan pemberdayaan perempuan itu jalur utama karena nanti di IKN itu pegawainya datangkan, pasti terjadi persaingan, mereka pasti juga membutuhkan potensi lokal," ucap Dwi, Minggu (20/11).

Dalam menghadapi kondisi tersebut, DKP3A Kaltim mendorong seluruh dinas terkait di daerah agar terus melakukan upaya peningkatan pemberdayaan perempuan.

Hal itu dilakukan agar perempuan lokal tidak hanya menjadi penonton dan kehilangan kesempatan mengambil peran pembangunan daerah termasuk IKN Nusantara.

Dwi menuturkan, hal terpenting agar mereka mampu bersaing di IKN adalah dengan meningkatkan kapasitas atau kompetensi diri. Terlebih, perlu dukungan dari pemerintah daerah agar mereka bisa mendapat tempat untuk berkontribusi di IKN.

"Maka kami mendorong kepada seluruh dinas terkait melakukan peningkatan pemberdayaan perempuan di semua sektor sehingga kita tidak menjadi penonton, peningkatan kapasitas, tapi tetap butuh dukungan pemerintah daerah," tutupnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner