Nasional

Pembangunan Superblock Nusantara Senilai Rp3 Triliun di IKN Diresmikan Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pembangunan proyek Superblock Nusantara senilai Rp3 triliun di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Rabu (20/12).

Featured-Image
Suasana malam hari di lokasi pembangunan IKN Nusantara di Penajam Pasir Utara. Pembangungunan IKN akan dilakukan bertahap hingga 2045 dengan total anggaran sebesar Rp466 triliun. Foto: Antara

bakabar.com, SAMARINDA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pembangunan proyek Superblock Nusantara senilai Rp3 triliun di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Rabu (20/12).

Kawasan di atas lahan seluas 7,5 hektare tersebut terdiri dari hotel bintang 5, hotel bintang 4, apartemen, pusat hiburan dan sekolah internasional.

Adapun Superblock Nusantara merupakan proyek investasi dari PAM Group melalui PT Wulandari Bangun Laksana Tbk (BSBK) yang juga pengelola Balikpapan Superblock di Balikpapan.

"Saya sangat senang karena terdapat investor dari Kalimantan Timur yang ikut berperan dalam pembangunan IKN dengan investasi senilai Rp3 triliun," ungkap Presiden.

"Diharapkan kawasan ini tak kalah bagus dengan pusat-pusat keramaian yang telah dibangun investor-investor Jakarta di IKN," imbuhnya.

Direncanakan Superblock Nusantara dibangun dengan konsep ramah lingkungan. Bahkan Jokowi menugaskan arsitek Ridwan Kamil untuk mendampingi pembangunan tersebut.

"Kami ingin seluruh IKN menjadi kawasan hijau, sehingga berbeda dengan kota-kota lain di seluruh dunia," tegas Presiden.

Diketahui Jokowi merencanakan peletakan batu pertama atau groundbreaking sejumlah proyek di IKN sebulan sekali.

Pun peresmian pembangunan Superblock Nusantara adalah gelombang ketiga groundbreaking proyek-proyek IKN. Kebijakan ini ditargetkan dapat memacu investor untuk berbondong-bondong menanam modal di IKN.

Jokowi sendiri mengeklaim sudah terdapat investor asing yang menanamkan modal di IKN melalui skema kerja sama dengan pengusaha dalam negeri.

Editor


Komentar
Banner
Banner