News

H-4 Sampai H-3 Puncak Arus Mudik Gunakan Kapal Laut di Pelabuhan Sampit

Arus mudik lebaran menggunakan jasa Kapal Laut terus meningkat, diprediksi pada H-4 sampai H-3 nanti menjadi puncaknya arus mudik melalui Pelabuhan Sampit

Featured-Image
Proses penumpang yang turun dari KM Lawit di Pelabuhan Sampit. Minggu (7/4/2024). Foto: bakabar.com/Ilhamsyah Hadi

bakabar.com, SAMPIT - Arus mudik lebaran menggunakan jasa kapal laut terus meningkat.

Diprediksi pada H-4 sampai H-3 menjadi puncaknya arus mudik. Jumlah pemudik diperkirakan mencapai seribu lebih orang bertolak meninggalkan Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalteng.

Kepala Seksi Lalu Lintas Angkutan Laut dan Kepelabuhanan KSOP Kelas III Sampit, Gusti Muchlis, selaku Koordibator Posko Terpadu Angkutan Laut Lebaran, menerangkan jumlah penumpang yang berangkat sesuai dengan batas aturan yang ditetapkan sekitar 1.416 orang.

Untuk kapal penumpang milik PT Pelni, dan jenis Kapal Roro milik Dharma Lautan Utama sebanyak 786 orang.

"Sore ini tadi jumlah penumpang yang masuk atau turun di Pelabuhan Sampit menggunakan KM Lawit dari Semarang-Sampit ada sebanyak 240 orang, dan besok yang berangkat sekitar 1.416 orang, termasuk dengan 500 orang penumpang mudik gratis dari Kementerian Perhubungan," kata Muchlis, Minggu (8/4/2024).

Halaman terminal Pelabuhan Sampit, mulai di padati calon penumpang yang akan mudik lebaran. bakabar.com/Ilhamsyah Hadi
Halaman terminal Pelabuhan Sampit, mulai di padati calon penumpang yang akan mudik lebaran. Foto: bakabar.com/Ilhamsyah Hadi

Berdasarkan data KSOP Sampit untuk jumlah penumpang yang turun hingga 7 April ini ada sebanyak penumpang turun 2.077 orang.

Sedangkan jumlah masyarakat yang telah bertolak meninggalkan Kotim melalui pelabuhan Sampit sejak H-15 sampai H-4 mencapai sekitar 7.766 orang.

"Pada H-3 Senin besok juga akan menjadi puncak arus mudik, karena tidak ada lagi jadwal keberangkatan menjelang lebaran, yang ada pasca lebaran pada tanggal 15 April 2024," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner