Arus Mudik 2023

H+3 Lebaran, 36 Ribu Penumpang Berangkat Mudik Pakai Kereta Api

Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa menyebut 36 ribu penumpang baru berangkat mudik menggunakan kereta dari Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir

Featured-Image
Para pemudik telah tiba di Stasiun Pasar Senen usai melakukan perjalanan mudik ke kampung halamannya dengan menggunakan moda transportasi kereta api jarak jauh. Foto: apahabar.com/BS

bakabar.com, JAKARTA - Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa menyebut 36 ribu penumpang baru berangkat mudik menggunakan kereta dari Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir saat memasuki H+3 Lebaran.

Maka arus mudik masih terbilang tinggi dari kategori moda transportasi kereta api.

"Okupansi keberangkatan dari kedua stasiun tersebut mencapai 83 persen hari ini. Jadi arus mudik boleh dibilang masih tinggi," kata Eva, Selasa (25/4).

Baca Juga: Arus Balik 2023: Tol Semarang-Jakarta Padat Merayap!

Ia menerangkan sebagian besar pemudik masih ingin pulang ke kampung halamannya, meski saat ini telah memasuki arus balik mudik lebaran 2023.

Para pemudik terbagi sebanyak 22.200 orang yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dan 13.800 lainnya dari Stasiun Gambir.

"Puluhan ribu penumpang yang berangkat dari kedua stasiun itu dilayani dengan 70 KA Jarak Jauh milik PT KAI," ujarnya.

Baca Juga: Ariel Noah Mudik Bolak-balik Naik Motor Honda dan BMW, Berapa Harganya?

Eva mengatakan sebagian besar pemudik pulang ke kampung halamannya yang berada di pPulau Jawa.

"Adapun sejumlah kota tujuan yang menjadi pilihan favorit di antaranya Yogyakarta, Surabaya, Purwokerto, Kutoarjo, Semarang, Tegal, Solo, dan Bandung," jelasnya.

Sedangkan untuk jumlah pemudik tahun ini mengalami peningkatan dibandingkan dengan pemudik pada tahun sebelumnya.

Baca Juga: Jumlah Pemudik Naik, Wisatawan di Situ Rawa Gede Bekasi Menurun

“Rata-rata yang berangkat itu per harinya mencapai sekitar 42.000 pada tahun ini. Tahun lalu hanya 36.000 pengguna jasa yang berangkat pada saat puncak (mudik),” sebut dia.

Ia mengatakan dalam memberikan pelayanan pemudik lebaran 2023, pihaknya menyediakan sebanyak 70 kereta api yang beroperasi.

“Tahun ini ada 70 kereta api yang beroperasi untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen. Tahun lalu, untuk kesediaan paling banyak itu di 59 kereta api,” pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner