Religi

Gus Baha: Hidup Jangan Dibikin Sulit

apahabar.com, JAKARTA – KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau yang akrab disapa Gus Baha pernah berbicara soal…

Featured-Image
KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau yang akrab disapa Gus Baha. Foto-net

bakabar.com, JAKARTA – KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau yang akrab disapa Gus Baha pernah berbicara soal kehidupan. Di antaranya, perihal posisi dan jabatan dalam kehidupan.

"Posisi apa pun sama sekali bukan tujuan. Tidak menjadi apapun juga tidak masalah. Tidak kenal orang juga tidak masalah. Tidak d akui keberadaannya juga tidak masalah. Tidak dihormati juga tidak masalah. Justru bisa bersembunyi dari perhatian banyak orang malah lebih leluasa dan santai," ucap Gus Baha.

Mendapatkan penghormatan bukan berarti kesuksesan, sambung Gus Baha.

"Menghormati belum tentu karena betul-betul memiliki rasa hormat. Bisa aja orang yang menghormati kita karena takut, karena diharuskan, karena mereka bekerja untuk kita, mereka butuh sama kita atau supaya terlihat pantas saja," jelas murid kesayangan KH Maemun Zubair tersebut.

Menjalani hidup, kata Gus Baha, jangan dibuat sulit. Asal tidak melanggar perintah Tuhan dan mengganggu orang lain. Apalagi dapat membahagiakan orang lain, itu sudah cukup.

"Hidup ndak usah di buat sulit, nggak usah ruwet, asal tidak maksiat, bisa menjadi pribadi yang menyenangkan dan bermanfaat bagi banyak orang serta tidak mengusik hidup orang lain, itu sudah cukup," terang Gus Baha.

Sumber: laduni.id
Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner