Gudeg Rukun

Gudeg Rukun, 60 Tahun Menjaga Rasa Gudeg Khas Kota Magelang

Gudeg Rukun masih setia memasak gudeg pakai kayu bakar. Aroma asap dan nangka muda pilihan membuat rasa kuliner ini jadi istimewa.

Featured-Image
Gudeg Rukun Magelang (Apahabar.com/Arimbihp)

Apahabar.com, MAGELANG - Gudeg Rukun masih setia memasak gudeg menggunakan kayu bakar. Aroma asap dan nangka muda pilihan membuat rasa kuliner ini jadi istimewa.

Jika berkunjung ke kota Magelang dan ingin mencicipi gudeg, maka salah satu kuliner legendaris yang siap memanjakan lidah adalah Gudeg Rukun.

Selama 60 tahun Gudeg Rukun setia menjaga cita rasa gudeg khas Magelang, yaitu sedikit basah dan tambahan areh yang gurih. Gudeg ini diminati artis dan para pejabat. Bahkan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno pernah mencicipinya. 

Diberi nama Gudeg Rukun karena awalnya berdiri bersebelahan dengan Toko Rukun di Magersari sekitar 1960-an.

"Diberinama Gudeg Rukun karena awalnya berdiri bersebelahan dengan Toko Rukun di Magersari sekitar 1960-an," kata generasi ketiga pemilik Gudeg Rukun, Aldi Rahmanto, Rabu (2/7).

Baca Juga: Jenang Lot Kuliner Khas Magelang, Legit Beraroma Khas Kayu Bakar

Aldi menuturkan, keistimewaan dari Gudeg Rukun adalah pengolahannya yang masih menggunakan kayu bakar sejak 1960 hingga saat ini.

"Bahan utama buah nangka muda yang kami gunakan juga kualitas terbaik, dengan pengolahan lebih dari tiga jam, sehingga Gudeg Rukun bisa tahan delapan jam di ruang terbuka," ujarnya.

Dalam sekali produksi, para tukang masak di kedai milik Aldi menghabiskan 8 hingga 10 kilogram buah nangka muda untuk dijadikan Gudeg.

"Bisa lebih kalau hari libur atau akhir pekan saat banyak pengunjung," tuturnya.

Tak hanya nangka pilihan, Aldi mengatakan, Gudeg Rukun juga dilengkapi dengan areh atau kuah kental yang terbuat dari santan kelapa sehingga rasanya lebih gurih.

"Gudeg di Magelang memang rerata teksturnya basah dan rasanya manis gurih," ucap Aldi. 

Baca Juga: Sop Empal Bu Haryoko, Kuliner Magelang Sejak Masa Penjajahan Jepang

Tak heran, rasanya yang khas bahkan membuat sejumlah tokoh negara dan public figure singgah dan makan langsung di kedai Gudeg Rukun.

Gudeg Rukun Magelang (Apahabar.com/Arimbihp)
Gudeg Rukun Magelang (Apahabar.com/Arimbihp)

"Sandiaga Uno dan Prabowo pernah singgah dan makan di sini, ada di instagram kami @Gudegrukun, kata beliau enak," tutur Aldi.

Selain Sandiaga, Aldi mengatakan, Gudeg Rukun juga sering disambangi aktor Ari Wibowo, Ibnu Jamil hingga Jessica Iskandar.

"Ada juga seorang jenderal yang dulu ditempatkan di AKMIL Magelang, sampai sekarang pindah ke Jakarta, kalau sedang ingin makan Gudeg Rukun, kami kirim pakai paket, divakum," ucapnya.

Bukan cuma melegenda, harga Gudeg Rukun juga terjangkau untuk semua kalangan dan dilengkapi lauk yang lengkap.

"Satu porsi mulai dari Rp8.000, ada juga kemasan untuk buah tangan mulai dari Rp50.000 sampai Rp100.000. Satu besek penuh lengkap dengan sayur krecek, dan areh yang cukup banyak," kata dia.

Sedangkan untuk lauknya, Gudeg Rukun menyediakan tahu, telur, ayam kampung, dan ayam negeri.

"Ada ayam utuh, ada juga yang disuwir, biasanya yang sepuh-sepuh (tua) senengnya ayam kampung. Kalau yang anak muda-muda ya ayam biasa enggak apa-apa," ujar Ami.

Editor


Komentar
Banner
Banner