Liga europa

Grup F Liga Europa: Empat Tim Raih Poin Sama, Siapa yang Berhak Lolos?

Grup F Liga Europa telah selesai dipertandingkan, adapun keempat tim sama-sama meraih poin yang sama yaitu delapan poin, lantas siapa yang berhak lolos?

Featured-Image
Feyenoord menjadi juara grup F, usai bungkam Lazio 1-0 (Foto: Twitter @EuropaLeague)

bakabar.com, JAKARTA – Kejadian langka terjadi di pertandingan terakhir fase grup F Liga Europa musim 2022/2023, setelah keempat penghuni grup F mengdapatkan poin akhir yang sama, lantas siapa yang berhak lolos ke babak selanjutnya.

Momen menarik terjadi di klasemen grup F Liga Europa, ketika semua penguhi grup tersebut memiliki poin akhir yang sama yaitu delapan poin, pada laga terakhir grup F Europa League, pada Jumat (4/11).

Lebih menariknya lagi, Feyenoord dan Midtjylland yang sebelumnya berada di peringkat dua kebawah, justru naik ke dua teratas seletah meraih kemenangan di laga pamungkas grup F.

Baca Juga: AS Roma Lolos ke Babak Playoff Liga Europa, Usai Taklukan Ludogorets 3-1

Feyenoord yang merupakan wakil Belanda mampu membungkam wakil Italia, Lazio dengan kemengan tipis 1-0.

Sedangkan, Midtjylland yang melakoni laga terakhirnya menjamu Sturm Graz di markas mereka sukses meraih poin penuh dari sang tamu.

Bermain di kandang sendiri, Midtjylland sukses menggasak lawannya Strum Graz dengan kemenangan 2-0 tanpa balas.

Lalu, dari keempat tim yang sama-sama mengoleksi delapan poin di akhir pertandingan fase grup, siapa yang berhak lolos ke fase knockout Europa League dari grup F.

Hitung-hitungan Poin

Sedikit informasi, Klasemen Liga Europa mengusung sistem klasemen yang mengutamakan jumlah poin yang di dapat dari setiap tim di masing-masing grup.

Apabila jumlah poin dua atau lebih tim ada yang memiliki poin yang sama di akhir, maka penentuan peringkatnya menggunakan sistem head-to-head dari tim yang mengoleksi poin sama.

Untuk di grup F sendiri, terdapat momen yang unik, yang dimana keempat tim di grup F ini memiliki catatan poin akhir yang sama, yaitu delapan poin.

Baca Juga: Kapten Korea Selatan Cedera Jelang Piala Dunia 2022 Qatar

Maka selanjutnya, untuk menentukan peringkat di grup F perhitungannya mengunakan sistem selisih gol yang dimiliki oleh setiap tim di grup F.

Selisih gol yang dihitung merupakan jumlah gol yang diciptakan oleh setiap tim dikurangi gol kebobolan setiap tim.

Dengan demikian, hasilnya, Feyenoord dan Midtjylland mencatatkan selisih gol yang paling bagus diantara dua tim lainnya di grup F.

2 Tim Yang Berhak Lolos

Dari hitung-hitungan yang terjadi di grup F tersebut, menghasilkan 2 tim yang berhak lolos ke babak selanjutnya Liga Europa.

Feyenoord mengoleksi jumlah gol paling banyak di grup F, wakil Belanda itu tercatat mengoleksi 13 gol. Dengan demikian, Feyenoord berhak menduduki peringkat pertama klasemen grup F.

Baca Juga: Lengkap! Daftar 16 Tim Lolos ke Fase Knock Out Liga Champions

Sedangkan, Midtjylland yang pada laga terakhir grup F, berhasil menang lawan Sturm Graz, harus puas menduduki peringkat kedua dengan mengoleksi 12 gol terpaut 1 gol dari Feyenoord.

Feyenoord dipastikan akan langsung melaju ke babak 16 besar Liga Europa, sedangkan Midtjylland yang berada di posisi runner-up grup F, harus melewati babak playoff menghadapi tim buangan dari Liga Champions.

Klasemen Grup F Liga Europa

Klasemen Grup F Liga Europa (Source LiveScore)
Klasemen Grup F Liga Europa (Source LiveScore)
Editor


Komentar
Banner
Banner