Tak Berkategori

GOR Setara di Batola Sudah Rampung, Begini Penampilannya

apahabar.com, MARABAHAN – Harapan masyarakat Barito Kuala memiliki fasilitas olahraga representatif, sudah berwujud dalam bentuk GOR…

Featured-Image
Tampak luar GOR Setara yang dicat dengan kelir kuning dan hijau sesuai warna lambang Barito Kuala. Foto: apahabar.com/Bastian Alkaf

bakabar.com, MARABAHAN – Harapan masyarakat Barito Kuala memiliki fasilitas olahraga representatif, sudah berwujud dalam bentuk GOR Setara.

Dibangun sejak pertengahan Maret 2020, GOR di Jalan Tarutan Marabahan tersebut sekarang sudah rampung 100 persen.

Sedianya peresmian direncanakan bertepatan Hari Jadi Batola, 5 Januari 2021 lalu. Namun urung dilakukan, karena Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali batal berhadir.

“Untuk jadwal peresmian, kami masih menunggu arahan Bupati Batola. Tetap menghadirkan Menpora atau cukup Bupati saja,” papar Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Batola, Gusti Ruspandi, Selasa (2/2).

Sebagai penanda peresmian, kemungkinan besar digelar kejuaraan cabang-cabang olahraga yang dapat dipertandingkan di GOR tersebut.

“Sesuai dengan peruntukannya, cabang olahraga yang dipertandingkan bisa saja bulutangkis, voli, basket, futsal atau sepak takraw,” beber Ruspandi.

“Kami berharap sebelum dioperasionalkan, GOR harus diresmikan dulu. Baru kemudian dilakukan penawaran pengelolaan kepada pihak ketiga, termasuk KONI Batola,” sambungnya.

GOR Setara dibangun menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) 2020 dari Kemenpora senilai Rp14,4 miliar.

Dengan luas bangunan mencapai 1.000 meter persegi, GOR tersebut memiliki dua tribun berkapasitas hingga 3.000 tempat duduk.

Tribun terletak di kiri dan kanan lapangan, ditambah satu ruangan VIP di bagian atas pintu masuk.

Dalam satu rangkaian lantai interlock, tersedia empat lapangan bulutangkis, satu lapangan voli, satu lapangan basket, satu lapangan futsal, dan empat lapangan sepaktakraw.

Untuk membedakan masing-masing lapangan, dapat diketahui dari garis warna-warni. Di antaranya garis putih untuk menandai lapangan futsal, atau garis hitam yang membatasi lapangan bulutangkis.

Sementara net bulutangkis, voli dan takraw menggunakan sistem knock down. Demikian pula jaring basket dan gawang futsal.

Selain fasilitas di dalam, lapangan parkir yang tersedia juga terbilang luas. Sedangkan akses jalan menuju GOR juga sudah diperbaiki dengan pengerasan.

img

Bagian dalam GOR Setara yang berisi lapangan futsal, sepak takraw, bulutangkis dan bola basket. Foto: bakabar.com/Bastian Alkaf



Komentar
Banner
Banner