Kabar Haji

Gokil! Jemaah Haji Asal Makassar Kenakan Ratusan Gram Emas Usai dari Mekkah

Warga Sulawesi Selatan (Sulsel) dibuat heboh seorang jemaah haji wanita asal Makassar

Featured-Image
Jemaah haji asal makassar tampil glamor pulang dari Makkah, pakai emas ratusan gram.

bakabar.com, MAKASSAR - Warga Sulawesi Selatan (Sulsel) dibuat heboh seorang jemaah haji wanita asal Makassar. Jemaah haji itu, terlihat bergaya nyentrik dan glamor dengan mengenakan emas yang terbilang fantastis.

Jemaah haji itu bernama Suwarnati Daeng Kanang. Wanita 46 tahun itu mengenakan perhiasannya yang beratnya mencapai 180 gram.

Tak tanggung-tanggung, Daeng Kanang yang dikenal sebagai pengusaha burger asal Kota Daeng itu mengaku jika dirinya telah mempersiapkan emasnya itu jauh-jauh hari. Termasuk emas 80 gram yang dibawa ke Arab Saudi. Adapun 100 gramnya lagi dibeli di Arab Saudi.

"Dari Makassar saya bawa separuh emas sekitar 80 gram dan 100 (gram) saya beli di Arab Saudi. Jadi ini (beli) di Mekkah pakai Real,” kata Suwarnati Daeng Kanang kepada bakabar.com, Kamis (6/7).

Baca Juga: 61 Jemaah Haji Jawa Barat Meninggal Dunia: Enam dari Bekasi

Daeng Kanang menjelaskan setelah ibadah haji dilaksanakan dia mengisi waktunya dengan berbelanja. Termasuk membeli emas. Adapun total uang yang habis dibelanjakan sebanyak Rp 30 juta ditambah lagi transfer dari ATM.

Daeng Kanang mengaku sengaja membeli emas di sana lantaran lebih berkualitas sehingga dia juga membeli cukup banyak emas disana. Jika ditotalkan, ada sekitar ratusan gram emas yang dikenakan Daeng Kanang saat tiba di asrama Sudiang Makassar.

“Kalau di sana banyak belanjanya karena ada lewat ATM kan. Ini kami lewat ATM semua. Harganya Rp1,2 juta per gramnya. Kalau uang yang saya pegang sendiri ada Rp30 juta habis,” ujarnya.

Baca Juga: 78 Jemaah Haji Embarkasi Surabaya Meninggal di Tanah Suci

Daeng Kanang mengaku, dirinya selama di Arab Saudi masih mengenakan pakaian layaknya jemaah haji perempuan pada umumnya.

Namun, saat di pesawat, dia lalu berganti pakaian dan mengenakan seluruh perhiasannya yang telah dibeli di Arab Saudi. Emas itu pun dikenakan, mulai dari bagian kedua pergelangan tangan, leher, dan penutup kepala semuanya dipasangi emas.

"Jadi nanti di pesawat baru saya ganti. Waktu disana masih pakai pakaian jemaah haji. Pas di pesawat baru saya pakai ini emas," katanya.

Baca Juga: Dua Jemaah Haji Asal Banyuwangi Meninggal di Mekkah

Lebih jauh, Daeng Kanang, mengaku bersyukur karena bisa menunaikan haji setelah 13 tahun menunggu. Apalagi ia sempat dioperasi dua hari sebelum berangkat.

“Alhamdulillah berjalan lancar karena sebelum berangkat saya sudah diuji. Habis operasi, dua hari sebelum berangkat. Pas sampai di sana Alhamdulillah berjalan dengan lancar. Karena ini sebenarnya sudah 13 tahun menunggu dan baru kali ini tahun ini berangkat,” terangnya.

Seperti diketahui, jika ratusan jemaah haji kloter 1 embarkasi Makassar telah tiba di Asrama Haji Sudiang, Sulawesi Selatan (Sulsel), pada Rabu 3 Juli 2023. Kedatangan mereka disambut langsung oleh Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman dan para keluarga jemaah haji.

Editor


Komentar
Banner
Banner