Regional

Gibran Bertemu Presiden ECOSOC PBB di Amerika, Bahas UMKM di Solo

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming bertemu Presiden Dewan Ekonomi dan Sosial (ECOSOC) PBB Paula Navaes saat berada di New York Amerika Serikat. Dalam pertemuannya

Featured-Image
Walikota Solo Gibran Rakabuming saat bertemu Presiden Dewan Ekonomi dan Sosial (ECOSOC) PBB Paula Navaes saat berada di New York Amerika Serikat. Foto: Dok. Gibran

bakabar.com, SOLO - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming bertemu Presiden Dewan Ekonomi dan Sosial (ECOSOC) PBB Paula Navaes saat berada di New York Amerika Serikat. Dalam pertemuannya tersebut Gibran membagikan cerita mengenai kondisi UMKM dan pekerja kreatif di Solo pasca pandemi Covid-19.

Selama pandemi, kata Gibran, para pelaku UMKM Solo mampu beradaptasi dan memanfaatkan digitalisasi untuk dapat memperluas pasar. Kolaborasi dengan pihak swasta juga dilakukan untuk memperkuat UMKM.

Kemudian pasca pandemi berbagai kegiatan atau event offline di Solo sudah mulai menggeliat dan menggerakkan perekonomian lokal.

“Kegiatan-kegiatan seperti event musik, budaya sampai olah raga di Solo sudah kembali menggeliat. Bahkan jadwal agenda event di Solo sudah padat. Nanti begitu saya sampai di Solo juga langsung ada event persembahan dari Solo di Mangkunegaran," katanya melalui keterangan resmi, Kamis (14/9).

Baca Juga: Ramai Baliho Prabowo-Gibran di Kalsel, PDIP: Politik Pecah Belah!

Hal itu dilakukan guna menandakan ekonomi kreatif mulai menggeliat. Karena itu ia berharap agar berdampak positif terhadap perekonomian lokal.

Selain menceritakan kondisi UMKM di Solo pasca pandemi, dengan didampingi Duta Besar Perutusan Tetap RI untuk PBB Arrmanatha Nasir, Gibran juga memamparkan 17 titik prioritas pembangunan kota Solo.

“Presiden Dewan Ekonomi dan Sosial PBB Paula Navaes menyampaikan bahwa 17 titik prioritas pembangunan di Solo sudah sejalan dengan program Sustainable Development Goals (SDGs).

Baca Juga: Baliho Prabowo-Gibran di Banjarmasin, Projo: Bukan Kami yang Pasang

Gibran mengungkapkan Presiden Dewan Ekonomi dan Sosial (ECOSOC) PBB Paula Navaes turut mengapresiasi program tersebut. Sebab, Kota Solo dinilainya fokus pada permasalahan pengentasan kemiskinan dengan melibatkan anak-anak muda dan pembangunan ekonomi kreatif. 

ECOSOC menyebut pula kebijakan Pemerintah Kota Solo dinilai sukses dalam memperkuat UMKM melalui digitalisasi, sehingga dapat menjadi new source of growth.

Hal ini dinilainya merupakan contoh nyata berbagai isu yang menjadi bahasan di PBB, dimana digital platform dapat menjadi enabler bagi tercapainya pertumbuhan ekonomi yang inklusif.

Baca Juga: Tabrak Lari di Solo terjadi 3 Kali Sebulan, Gibran: Hati-hati

Selain menghadiri pertemuan dengan Presiden Dewan Ekonomi dan Sosial PBB, Gibran juga dijadwalkan menghadiri Indonesia Night di Kedutaan Besar RI di Washington DC.

Acara ini akan menampilkan karya-karya fesyen designer asal Indonesia yang tampil di New York Fashion Week. Selain itu, Gibran juga akan memenuhi undangan dari penyelenggara Indopop yang akan digelar di Time Square New York, AS. Acara ini merupakan ajang promosi seni budaya Indonesia yang juga akan diisi oleh artis-artis nasional.

Editor


Komentar
Banner
Banner