Hot Borneo

Gerhana Bulan Total Diprediksi Tak Terlihat di Sebagian Wilayah Kalimantan Timur

Fenomena alam Gerhana Bulan Total akan terjadi hari ini (8/11) mulai pukul 18.59 wita berakhir pukul 21.57 wita

Featured-Image
Ilustrasi gerhana bulan. Foto-detikcom

bakabar.com, BALIKPAPAN – Gerhana bulan total diprediksi terjadi pada Selasa (8/11) hari ini mulai pukul 18.59 hingga pukul 21.57 WITA. Namun, fenomena alam ini nampaknya tak akan bisa disaksikan di sebagian wilayah Kalimantan Timur. 

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi malam ini Balikpapan akan tertutup awan, sehingga fenomena gerhana bulan total berpotensi tidak terlihat.

“Kemungkina tidak terlihat karena cuaca berawan dan berpotensi hujan,” ujar Kepala Stasiun Kelas I SAMS Sepinggan BMKG Balikpapan, Erika Mardiyanti. 

 Menurut BMKG masyarakat yang tinggal di Maluku, Maluku Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, NTT, NTB, Bali, Kaltara, Kaltim, Kalsel, sebagian besar Kalteng, Kalbar dan Jawa Timur, kemungkinan besar bisa melihat gerhana bulan. 

Dia menjelaskan secara umum cuaca di Kaltim berawan hingga berpotensi hujan disertai petir dan angin kencang. Hal tersebut dikarenakan adanya pola angin berupa belokan angin (shareline) yang bisa meningkatkan pertumbuhan awan-awan konvektif penghasil hujan.

"Kecuali Kabupaten Berau yaitu berawan pada sore hari hingga malam hari,” jelasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner