News

Gempa M 4,9 Terjadi di Seram Bagian Barat Maluku

Gempa dengan kekuatan magnitudo (M) 4,9 terjadi di Seram Bagian Barat, Maluku. Pusat gempa ada di laut.

Featured-Image
Ilustrasi peta kekuatan gempa. Foto-Istockphoto

bakabar.com, BANJARMASIN - Gempa dengan kekuatan magnitudo (M) 4,9 terjadi di Seram Bagian Barat, Maluku. Pusat gempa ada di laut.

"Gempa Mag 4,9, 28 km barat daya Seram Bagian Barat-Maluku," tulis BMKG melalui akun Twitter resminya, Minggu (11/12/2022).

Gempa terjadi pada pukul 22.20 WIB. Gempa ada pada kedalaman 750 kilometer. Titik koordinat gempa ada pada 3,08 lintang selatan dan 127,94 bujur timur.

Belum diketahui ada tidaknya korban dan kerusakan akibat gempa ini.

Mengapa gempa sering terjadi?

Seorang pakar menyebut intensitas kegempaan saat ini "wajar-wajar saja", meski tetap memperingatkan agar waspada pada potensi gempa kuat.

Pada Kamis (08/12), pukul 07:50 WIB, gempa berkekuatan Magnitudo 5,8 mengguncang bagian tenggara Kota Sukabumi, Jawa Barat.

Getarannya terasa sampai kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung dan sekitarnya.

Faisal Kristiandi tinggal di daerah Jampang Tengah - hanya sekitar 20 kilometer dari pusat gempa. Pagi itu, ia baru saja mengambil handuk dari gantungan, dan melingkarkan ke lehernya.

Tiba-tiba tembok bergetar

"Sempat terdiam dulu di depan kamar mandi. Merasakan dulu bakalan lama apa nggak, ternyata makin lama makin terasa. Memutuskan buat keluar," katanya kepada BBC News Indonesia.

Di luar rumah, pria 22 tahun ini menyaksikan banyak tetangganya dengan wajah panik sambil mengucapkan doa-doa keselamatan.

Sebuah akun Twitter menunjukkan kepanikan di Kota Sukabumi.

Ada pula cerita anak sekolah yang rencananya akan melakukan simulasi gempa. Tapi kemudian lindu datang lebih awal.

Editor


Komentar
Banner
Banner