gempa bumi

Gempa Bukan di Tanah Bumbu! BMKG Ralat Info

Masyarakat Tanah Bumbu diminta tidak panik dengan informasi gempa yang terjadi dini hari. Sebabnya, titik gempa berada di Lombok.

Featured-Image
Ilustrasi pendeteksi gempa. Foto-Doknet.

bakabar.com, BATULICIN - Masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan (Kalsel) diminta tidak panik dengan informasi gempa yang terjadi, Selasa (29/8) pukul 02.55 WIB. Sebabnya, titik gempa berada di Laut Lombok Utara, NTB.

Hal itu dikonfirmasi oleh BPBD Tanah Bumbu. Menurut dia, gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,1 itu terjadi di titik koordinat 6,94 derajat LS, 116,57 derajat BT, tepatnya berlokasi di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada jarak 163 km arah Timur Laut.

"Gempa pada kedalaman 525 kilometer itu tidak berdampak pada masyarakat yang tinggal di Kabupaten Tanah Bumbu dan sekitarnya," kata Kepala Pelaksana BPBD Tanah Bumbu, Sulhadi, Selasa (29/8).

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga memberikan informasi final soal gempa bumi pada Selasa (29/8) dini hari. Dari catatan mereka, dipastikan bahwa gempa itu berpusat di Lombok. Sebelumnya, BMKG menyebut gempa magnitudo 7,4 terjadi di Tanah Bumbu.

Baca Juga: Gempa Magnitudo 7,4 Guncang Tanah Bumbu Kalsel, Getarannya hingga Bali

Baca Juga: Kapuas Gempar, Karyawan Indomaret Tewas Dianiaya

Perubahan data yang cukup signifikan dikarenakan karena keperluan data pendahuluan alias info cepat. Data dikeluarkan hanya 2 menit 20 detik pasca gempa, namun masih terus berproses alias belum final.

"BMKG harus info cepat, akhirnya 2 menit disebar tapi belum final. Akhirnya final di 7,1 utara Lombok," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono kepada wartawan, Selasa (29/8).

Gempa tersebut dirasakan sejumlah daerah seperti Bali, Lombok, Trenggalek, Bantul, dan Blitar.

Belum diketahui adanya korban maupun kerusakan akibat gempa tersebut. Namun BMKG menyatakan gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Editor


Komentar
Banner
Banner