Gempa Cianjur

Gegara Mandor Kabur, Pembangunan Rumah Korban Gempa Cianjur Mangkrak

Pembangunan rumah rusak terdampak gempa bumi di Kampung Cipetir RT 01/06, Desa Ciwalen, Kecamatan Warungkondang, Kabupaten Cianjur mangkrak akibat mandor proyek

Featured-Image
Kondisi bangunan Rumah korban terdampak gempa Cianjur ,di Kampung Cipetir RT 01/06, Desa Ciwalen, Kecamatan Warungkondang, Kabupaten Cianjur yang hanya dibangunkan Pondasinya saja ,dan ditinggal kabur mandor (Foto: apahabar.com/Hasbi)

bakabar.com, CIANJUR - Pembangunan rumah rusak terdampak gempa bumi di Kampung Cipetir RT 01/06, Desa Ciwalen, Kecamatan Warungkondang, Kabupaten Cianjur mangkrak akibat mandor proyek kabur. 

Apud (51) pemilik rumah mengatakan sudah satu bulan lebih pembangunan rumah miliknya sudah ditinggal pekerja bangunan, karena tidak dibayar mandor. Akibatnya rumahnya mangkrak dan belum dibangun kembali.

"Sudah satu bulan lebih, kata pekerja bangunan mereka tidak dibayar mandor. Bahkan mandornya itu kabur," kata Apud pada bakabar.com, Selasa (14/3).

Karena tidak dibayar, lanjut dia, sejumlah tukang bangunan tersebut pindah ke pihak ketiga lainya, dengan meninggalkan pekerjaan yang belum selesai, dan baru membangun pondasi rumah. 

Baca Juga: Sebanyak 200 KK Korban Bencana Gempa Cianjur Bersiap Menempati Huntap Gelombang 1

"Baru bekerja sekitar lima hari tukang bangunannya sudah tidak mau menyelesaikan pembangunan rumah. Selain mandornya kabur, bahan material pun susah, dan lama datangnya," katanya. 

Hal serupa diungkapkan, Abdul Mujib (32) pemilik rumah terdampak menyebutkan ada enam rumah rusak yang dibangun pihak ketiga, dan ditinggalkan mandor di kampungnya. 

"Rata-rata enam rumah termasuk milik saya, baru selesai membangun pondasi, dan ditinggalkan tukang bangunan, karena mereka belum dibayar mandor yang kabur. Bahkan mandor itu meninggalkan hutang kesejumlah warung," katanya. 

Selain itu, ia mengatakan hingga saat ini dirinya bersama warga lainya masih menunggu kepastian dari pihak ketiga untuk menyelesaikan pebangunan rumah. 

Baca Juga: Terima Laporan Ditemukan Korban Gempa Cianjur: Temuan Bukan Mayat Manusia, Malah Bangkai Kuda

"Kalau pihak ketiganya ada, cuman mandornya saja yang kabur. Namun pihak ketiga itu dari kemaren janji terus segera menyelesaikan pembangunan rumah, tapi belum ada informasi lagi sampai sekarang," kata dia. 

Dia berharap, Pemkab Cianjur dan intansi terkait agar segera turun tangan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, karena sudah hampir satu bulan belum ada informasi lebih lanjut dari pihak ketiga. 

"Hingga sekarang kami masih tinggal di Rumah Hunian Sementara (Huntara). Masa kami mau tinggal terus di huntara, saya harap Pemkab Cianjur segera turun tangan untuk menyesaikan pembangunan rumah," katanya. 

Editor


Komentar
Banner
Banner