Pemkab Kotabaru

Forum Anak Daerah Kotabaru Resmi Dikukuhkan

apahabar.com, KOTABARU – Sekretaris Daerah (Sekda) Kotabaru, Said Akhmad resmi mengukuhkan para pengurus Forum Anak Daerah…

Featured-Image
Sekda Said Akhmad, saat mengukuhkan FAD di Kotabaru. Foto-Istimewa

bakabar.com, KOTABARU – Sekretaris Daerah (Sekda) Kotabaru, Said Akhmad resmi mengukuhkan para pengurus Forum Anak Daerah (FAD), Jumat (23/7).

Prosesi pengukungan FAD Kotabaru periode 2021 hingga 2023 itu berlangsung di ruang Operation Room, Setda Kotabaru.

Pengukuhan turut dihadiri Kepala Dinas P2PAPP dan KB, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP), seluruh pengurus FAD serta tamu undangan.

Kepala Dinas P2PAPP dan KB Kotabaru, dr. Cipta Waspada, mengatakan jumlah pengurus FAD yang dikukuhkan sebanyak 14 orang.

Dikukuhkannya, FAD bertujuan untuk memenuhi hak partisipasi anak dan mempererat hubungan persaudaraan anak diengan Pemkab Kotabaru.

Cipta juga menambahkan, kegiatan tersebut sekaligus dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2021, dengan tema ‘Anak Terlindungi Indonesia Maju, yang memiliki pesan utama Anak Peduli di Masa Pandemi’.

“Jadi, FAD ini ialah wadah partisipasi anak di mana anggotanya merupakan perwakilan dari kelompok kegiatan anak atau perorangan dikelola oleh anak dan dibina oleh pemerintah sebagai sarana menyalurkan aspirasi, suara, dan kebutuhan anak dalam proses pembangunan," terangnya.

Sementara, Bupati Kotabaru dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekda Said Akhmad, mengatakan pelantikan dan pengukuhan pengurus FAD merupakan bagian dari upaya pemerintah Kotabaru dalam menjamin pemenuhan hak anak atas hak hidup, tumbuh, kembang, dan berpartisipasi secara wajar.

“Tentu saja, hal ini sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta untuk memberikan perlindungan terhadap anak dari berbagai tindakan kekerasan dan diskriminasi," ucap Said.

Ditambahkannya, pelantikan menjadi sangat penting dan strategis, mengingat selain sebagai salah satu faktor utama dalam penyelenggaraan kota layak anak, kegiatan tersebut juga diharapkan akan semakin meningkatkan peran serta dan kesadaran untuk memberikan perhatian yang lebih terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak.

“Nah, dengan dilantiknya FAD ini, saya harapkan semakin memberikan efek positif dalam pembangunan Kotabaru sebagai kota layak anak, karena salah satu misi forum anak yaitu sebagai wadah aspirasi yang mewakili suara anak-anak di kotabaru dalam mewujudkan pembangunan kota yang layak anak dan ramah keluarga," pungkas Sekda.



Komentar
Banner
Banner