Fitur E-Corner

Fitur e-Corner Bikin Mobil Hyundai Jalan Seperti Kepiting, Apa Manfaatnya?

Divisi pabrikan otomotif Hyundai Mobis memperkenalkan inovasi terbaru yang dapat membuat keempat roda ban mobil berputar hingga 90 derajat dengan nama e-Corner.

Featured-Image
Fitur e-Corner buat mobil Hyundai jalan seperti kepiting. (Foto: Fox News)

bakabar.com, JAKARTA - Divisi pabrikan otomotif Hyundai Mobis memperkenalkan inovasi terbaru yang dapat membuat keempat roda ban mobil berputar hingga 90 derajat dengan nama e-Corner.

Cheon Jae-seung, selaku kepala dari Future Technology Convergence Institute, mengatakan sistem yang disebut crab driving atau kemudi ala kepiting itu dapat memenuhi semua kebutuhan berkendara masa depan.

"Kami akan mengamankan berbagai jenis solusi mobilitas khusus yang dapat diterapkan dalam mengemudi otonom dan PBV untuk memperkuat visi kami dalam mencapai tingkat teratas sebagai penyedia platform mobilitas," ujar Jae-sung dalam keterangan resmi Hyundai Mobis beberapa waktu lalu.

Berdasarkan unggahan video, nampak fitur e-Corner itu ditunjukan oleh salah satu unit mobil listrik Hyundai Ioniq 5.

Teknologi canggih nan unik tersebut rupanya berguna untuk memudahkan kendaraan melakukan metode paralel saat berada di area parkir sehingga tak perlu lagi repot dengan pola mengemudi U-turn.

Baca Juga: Ratusan Hyundai Ioniq 5 Siap Kawal Tamu Negara di ASEAN Summit 2023

Praktisnya lagi, keempat ban mobil itu dapat berputar 90 derajat di saat yang bersamaan, atau secara individual.

Kemampuan crab driving itu disebut dapat dilakukan berkat perkembangan teknologi kendaraan listrik. Sebagaimana diketahui, mobil listrik memiliki motor penggerak yang terpasang pada salah satu atau kedua as roda.

Alhasil, motor penggerak itu dapat digerakkan ke dalam roda sama halnya dengan starter kaki di skuter atau motor listrik.

Mengacu akan hal tersebut tim Hyundai Mobis, memanfaatkan sistem itu sehingga kendaraan ramah lingkungan itu dapat melakukan beberapa manuver unik yang tidak dapat diterapkan pada kendaraan biasa.

Baca Juga: Banyak Keluhan dari Konsumen, Hyundai Janji Perbanyak Pasokan Ioniq 5

Di video itu, Hyundai memperlihatkan kemampuan zero turn yang merupakan manuver untuk berputar balik tanpa melakukan U-turn.

Terlihat roda mobil Ioniq 5 berputar ke arah luar dengan roda depan dan belakang yang saling berlawanan arah.

Hasilnya, seluruh badan mobil Ioniq 5 pun berputar tanpa ada pergeseran posisi. Kemampuan itu diklaim sangat berguna kala menemukan lokasi parkir sempit.

Dari sekian banyak kemampuan yang ditawarkan di dalam video, fitur parkir paralel dan putaran 90 derajat tampaknya akan menjadi hal yang paling berguna di dunia nyata.

Kendati begitu, pihak Hyundai belum memberikan pernyataan resmi mengenai apakah fitur e-Corner itu akan disematkan dengan segera untuk pasar atau tidak.

Editor


Komentar
Banner
Banner